Pekon Muarabaru Perketat Pengamanan Lingkungan dengan Ronda

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sangat dimungkinkan, karena faktor sulitnya ekonomi atau disebut musim paceklik, menyebabkan terjadinya peningkatan tindak kejahatan yang mengancam Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Dan untuk mengantisipasi sekaligus mempersempit ruang gerak para pelaku kejahatan, Polres Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menginstruksikan seluruh pekon dan kelurahan di kabupaten tersebut serentak menggerakkan ronda.

Bacaan Lainnya

Menyikapi himbauan kamtibmas tersebut, pekon-pekon pun langsung merespon dengan melakukan ronda tersebut. Dan hal itu dilaksanakan hingga setiap pemangku dengan jumlah masing-masing di setiap pekonnya.

Seperti terpantau di Pekon Muarabaru, Kecamatan Kebuntebu. Meskipun pemukiman setempat tidak seberapa luas dibandingkan pekon lainnya, dan letaknya berada dibagian dalam kecamatan tersebut. 

Namun, kegiatan ronda begitu diintensifkan, terutama sejak beberapa waktu terakhir.  Hal tersebut tentunya upaya langkah antisipasi, sebagaimana yang diinstruksikan pihak kepolisian. 

“Ronda ini memang sudah menjadi tradisi kami dalam menjaga keamanan lingkungan pekon, bahkan untuk mendukung rutinitas ronda berbagai fasilitas pendukung memang sudah kami bangun seperti poskamling, petugas terkait linmas pekon dan warga sekalian pun selalu disiagakan,” ungkap Peratin Sanan.

Diakuinya, keberadaan ronda sangat besar manfaatnya dalam menjaga keamanan pekon, dimana. Selain dapat memantau kondisi lingkungan secara langsung. Masyarakat dapat lebih cepat berkoordinasi dengan pihak polri maupun TNI atau petugas terkait lainnya jika ada hal-hal yang memang membutuhkan peran petugas keamanan dan pertahanan tersebut.

“Saya berharap dengan kegiatan ronda ini, Pekon Muarabaru khususnya, dan Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lambar  pada umumnya senantiasa aman dari aksi kejahatan dan dunia kembali terlepas dari pandemi Covid-19 yang berimbas pada kelangsungan hidup manusia,” tandasnya. (r1n/mlo)


Pos terkait