Pekon Mulai Susun APBDes, Salah Satunya Muara Baru

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pekon Muarabaru Kecamatan Kebuntebu, Lampung Barat menjadi salah satu pekon yang mulai melakukan penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Pekon/Desa (APBDes) tahun anggaran 2020.

Aparatur pemerintahan pekon setempat, amat serius dalam menjalankan tugas masing-masing, seperti yang tampak di balai pekon setempat yang dikomandoi langsung oleh Peratin Sanan.

Bacaan Lainnya



Kepada Medialampung.co.id, Sanan mengungkapkan, penyusunan APB-Des tahun 2020 tersebut, dilaksanakan setelah semua adminstrasi program tahun anggaran 2019 selesai mulai dari laporan realisasi Dana Desa (DD), Anggaran Dana Pekon (ADP), Ikhtisar dengan telah diterima Dinas Pengeloaan Keuangan Daerah (DPKAD), dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP) Lambar.

Lanjut Sanan, setelah penyusunan APBDes selesai ditingkat pekon akan dilanjutkan dengan tahapan koordinasi dan verifikasi tingkat kecamatan, setelah semuanya dinyatakan fix pihak pekon tinggal menunggu arahan proses berikutnya.

“Terkait itu saya berharap paling tidak semua program dapat berjalan sesuai dengan rencana dan dapat dilaksanakan bersama masyarakat, sehingga melalui program DD dapat penciptakan masyarakat yang lebih mandiri untuk Pekon Muarabaru Hebat dan Sejahtera,” harapnya.

Untuk diketahui, kegiatan fisik rencana pelaksanaan Pembangunan Gedung Pendidikan Usia Dini (Paud) yang sudah diagendakan sejak 2019 tapi baru dapat direalisasikan tahun ini. Dengan telah dihitung rencana anggaran biayanya.

“Paud adalah salah satu lembaga pendidikan dasar dan di Pekon Muarabaru sudah berdiri sejak 2012. Tapi sampai sekarang masih menggunakan ruangan balai pekon dengan status pinjam. Karena itu tahun ini diprioritaskan, warga juga swadaya tanah untuk lokasi bangunannya,” tandas Sanan. (ius/mlo)



Pos terkait