Pekon Pampangan Ditetapkan Juara I EPP Tahun 2020

  • Whatsapp
Kepala DPMP Lambar Ronggur L Tobing didampingi Kabid Pembangunan Pekon Pathan memimpin langsung rakor penetapan EPP.

Medialampung.co.id –  Tim Evaluasi Perkembangan Pekon (EPP) tingkat Kabupaten Lampung Barat, menggelar rapat koordinasi (Rakor) penetapan hasil EPP yang dilakukan terhadap 15 pekon yang menjadi wakil dari 15 kecamatan di kabupaten setempat tahun 2020.

Rakor yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP) Lambar Ronggur L Tobing, SIP., dan dihadiri oleh seluruh tim yang terlibat yang digelar di kantor DPMP setempat Rabu (24/6/2020) tersebut menetapkan Pekon Pampangan Kecamatan Sekincau sebagai juara I. 

Bacaan Lainnya


Kabid Pembangunan Pekon Pathan, S.E, M.M., mengungkapkan,  untuk pekon peraih juara II yakni Pekon Suka Damai Kecamatan Airhitam, Juara III Pekon Muarajaya II Kecamatan Kebuntebu. Selanjutnya, untuk peraih juara harapan I Pekon Way Petai Kecamatan Sumberjaya, juara harapan II Pekon  Buay Nyerupa Kecamatan Sukau dan juara harapan III Pekon Sidomulyo Kecamatan Pagardewa. 

“Kami sampaikan ucapan selamat kepada pekon-pekon terbaik dalam EPP 2020. Seyogyanya Pekon Pampangan sebagai juara I menjadi wakil Lambar pada EPP serupa tingkat provinsi, namun untuk tahun 2020 ini provinsi meniadakan EPP karena pandemi Covid-19, meski demikian apresiasi yang luar biasa kami sampaikan kepada Pekon Pampangan yang telah bekerja keras dan menjadi yang terbaik di tahun ini, ” kata dia. 

Dijelaskan, indikator EPP tahun 2019 berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI nomor 2015 tentang evaluasi perkembangan pekon dan kelurahan yaitu evaluasi bidang pemerintah pekon meliputi aspek pemerintahan, kinerja, inisiatif dan kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat, pekon dan kelurahan berbasis teknologi informasi/E-Government serta pelestarian adat dan budaya.

”Evaluasi bidang kewilayahan pekon meliputi aspek identitas, batas, inovasi, tanggap dan siaga bencana serta pengaturan investasi,” kata dia.

Kemudian, evaluasi bidang kemasyarakatan meliputi aspek yakni partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK), keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan, serta perangkat kapasitas masyarakat.

”Alhamdulillah meski sempat terkendala karena adanya pandemic Covid-19, namun penilaian telah selesai dilakukan oleh tim penilai lomba EPP tingkat kabupaten yang terdiri dari DPMP, Tim Penggerak (TP) PKK, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, DP2KBP3A, DTPH, Satpol-PP, Kesbangpol,  Diskoperindag, Disbunnak, serta Dinas Perikanan,” ujarnya.

Untuk diketahui 15 pekon di 15 kecamatan yang dinilai yakni, Pekon Buaynyerupa (Sukau), Padangdalom (Balikbukit), Bedudu (Belalau), Canggu (Batubrak), Pampangan (Sekincau), Atar Bawang (Batuketulis), Ujungrembun (Lumbokseminung), Sidomulyo (Pagardewa), Puralaksana (Waytenong), Muarajaya (Kebuntebu), Way Petai (Sumberjaya), Suka Damai (Airhitam), Ciptawaras (Gedungsurian), Ringinsari (Suoh) dan Trimekar Jaya (Bandarnegeri Suoh). (nop/mlo)



Pos terkait