Pekon Penyandingan Rutin Penyemprotan-Bagikan Masker

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Selama pandemi virus corona atau Covid-19, Pemerintahan Pekon Penyandingan Kecamatan Bangkunat Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), akan terus berupaya untuk mengadakan program rutin dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 di Pekon setempat.

Peratin Pekon Penyandingan, Das’at, mengatakan program rutin yang dilaksanakan dalam upaya pencegahan Covid-19 itu sama dengan seluruh pekon lain di Kabupaten Pesbar, yakni penyemprotan disinfektan di tempat-tempat fasilitas umum dan rumah penduduk, pembagian tempat cuci tangan hingga pembagian masker untuk masyarakat.

Bacaan Lainnya



“Kegiatan itu kita lakukan setiap Senin, artinya satu kali dalam sepekan selama pandemi Covid-19, mudah-mudahan upaya yang dilakukan oleh pemerintah pekon ini membuahkan hasil,” katanya, Selasa (21/4) kemarin.

Sehingga, tidak ada masyarakat di pekon Penyandingan ini yang terinfeksi virus corona. Dalam pelaksanaan pencegahan penyebaran Covid-19, pihaknya juga telah membentuk tim Gugus Tugas Pekon untuk melakukan kegiatan rutin tersebut, tentu diharapkan bisa terus dimaksimalkan sesuai dengan imbauan dari Pemkab Pesbar dan juga Pemerintah baik Provinsi maupun Pemerintah Pusat.

“Karena itu kita berharap kepada seluruh lapisan masyarakat di Pekon ini untuk terus mendukung semua program kegiatan Pekon setempat, salah satunya dalam upaya pencegahan wabah virus corona,” jelasnya.

Masih kata dia, bentuk dukungan masyarakat untuk bersama-sama membantu Pemerintah melawan Covid-19 tersebut seperti halnya tetap menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan, membatasi pertemuan dengan melibatkan orang banyak atau kerumunan orang, cuci tangan pakai sabun dan lainnya. Begitu juga dengan para pemudik atau warga setempat yang baru datang dari luar daerah juga diharapkan mengikuti imbauan pemerintah yakni dengan melakukan isolasi secara mandiri selama 14 hari dirumah dan tetap berkoordinasi dengan pihak keluarga maupun perangkat pekon setempat.

“Sedangkan, pembagian masker yang diberikan oleh pekon untuk masyarakat itu juga untuk mengurangi resiko tertularnya Covid-19,” ungkapnya.

Menurut Das’at, hal itu juga sesuai dengan imbauan Pemerintah bahwa masyarakat diwajibkan untuk menggunakan masker saat hendak keluar rumah. Semua program kegiatan yang masih terus dilakukan oleh Pekon Penyandingan ini tentunya tidak akan berhasil jika tidak ada dukungan dari semua lapisan masyarakat maupun pihak-pihak terkait lainnya.

“Selain fokus pada program kegiatan penanganan dan pencegahan Covid-19, termasuk pemberian BLT-DD, kita juga akan tetap memaksimalkan peningkatan pembangunan di Pekon ini, baik infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat melalui anggaran dana desa,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait