Pekon Purajaya Gelar Pembahasan Pengesahan APBDes 2021

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintahan Pekon Purajaya, Kecamatan Kebuntebu, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) bersama tim Verifikasi Kecamatan, dibantu Pendamping Kecamatan dan Pendamping Lokal Desa, melaksanakan rapat koordinasi (rakor) pembahasan untuk pengesahan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) 2021.

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Pekon Senin (11/1), pembahasan APBDes berkaitan dengan Anggaran Dana Pekon (ADP) dan Anggaran Dana Desa (ADD), Bidang Pembangunan, Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan, dan Pembinaan Kemasyarakatan, sebagai respon cepat Pekon Purajaya dengan telah terbitnya Peraturan Bupati (Perbup) tentang pedoman penyusunan APBDes 23 Desember 2020. 

Bacaan Lainnya

“Rencana Kerja Pekon (RKP), sebagai pendoman penyusunan APBDes, telah selesai sehingga untuk menyusun APBdes tinggal menyesuaikan dengan pagu dan melengkapi dokumen lainnya,” ungkap Peratin Samsu Kendar, S.Hut., 

Oleh sebab itu kata dia, pihak pekon bersama tim verifikasi kecamatan dan petugas pendamping melakukan percepatan penyusunan dengan mengedepankan transparansi melibatkan perwakilan masyarakat. 

“Selain insentif di luar pemerintahan pekon seperti guru ngaji, kader-kader, bantuan pengelolaan tempat wisata Puncak Bintang Krajan Distrik dan banyak lainnya,” sebutnya.

Kemudian prioritas Dana Desa 2021, untuk pemulihan ekonomi dampak covid-19. Serta untuk desa aman covid, Dan penguatan ekonomi masyarakat desa seperti PKTD, Dan wajib untuk BLT-DD. 

“Pada prinsipnya pekon selalu siap seperti dalam melaksanakan pembahasan APBDes 2021. Dasarnya karena secara administrasi RKP sudah jadi tinggal menyesuaikan dengan pagu,” ujarnya.

Dan apapun arahan dari dinas seperti program sinkronisasi dengan program dari kabupaten, atau juga kebijakan dari Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) tentang Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), dimana nilai bantuan dampak Covid-19 tersebut sebesar Rp300 per Keluarga Penerima Manfaat (KPM) selama Dua Belas bulan. 

“Dengan mensinkronisasikan Pitu Program Bupati Lambar, Parosil Mabsus, menjadi jembatan Pekon Purajaya Berjaya dan Mandiri,” tandasnya. (r1n/mlo)


Pos terkait