Pekon Purawiwitan Sulap Embung Jadi Lokasi Wisata

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dengan niat bismillah, cita-cita aparatur pemerintahan Pekon Purawiwitan, Kecamatan Kebuntebu, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) untuk menciptakan destinasi wisata terkabulkan.

Dengan memanfaatkan potensi pengedali air (embung) yang luasnya sekitar 2 hektar pemerintahan pekon setempat bersama unsur masyarakat mampu menyulap embung yang dibangun Tahun 1980 itu menjadi tempat wisata yang menarik.

Bacaan Lainnya



Terletak persis di dekat pusat pemerintahan Kecamatan Kebuntebu. Lokasi wisata danau kecil Purawiwitan atau dikenal Wisata PW tersebut, kini menjelma menjadi taman wisata yang cukup memanjakan mata pengunjung, karena telah memiliki beragam fasilitas pendukung seperti gazebo, taman, dan fasilitas lainnya.

Peratin Purawiwitan Romli menyebutkan, embung yang saat ini telah menjadi tempat wisata edukasi tersebut, dibentuk oleh masyarakat setempat Tahun 1980 silam, dengan rencana awalnya untuk saluran irigasi. Namun karena kondisi alam yang tidak memungkinkan sehingga rencana saluran irigasi dibatalkan dan berubah fungsi menjadi pengendalian air (embung).

Karena memiliki nilai wisata yang menarik karena memiliki air yang jernih serta lokasinya yang strategis, maka muncullah inisatif pekon setempat untuk menjadikannya tempat tersebut sebagai tempat wisata, dengan telah dibangunnya berbagai fasilitas pendukung, mulai dari gazebo, taman, perahu, tempat budidaya ikan bahkan terdapat aktifitas produksi kopi Petik Merah (PM).

Tak hanya sampai disitu, sebagai bentuk keseriusan pekon, di lokasi wisata edukasi itu juga akan dibangun  taman pohon, Tanaman Buah Dalam Pot (Tabulampot), dan taman bunga. “Kami sangat yakin dengan adanya beragam fasilitas dan taman-taman tambahan lainnya akan mampu menyedot perhatian pengunjung,” pungkasnya. (ius/mlo)



Pos terkait