Pekon Serungkuk Bentuk Panitia Pemilihan Peratin Tahun 2022

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tahapan Pemilihan Peratin (Pilratin) khususnya proses pembentukan panitia Pilratin di Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat mulai digelar, seperti yang dilaksanakan di Pekon Serungkuk, kecamatan setempat, Senin (11/10). 

Pada tahapan ini, Lembaga Himpun Pemekonan (LHP) melaksanakan Musyawarah pembentukan panitia dengan melibatkan seluruh lapisan mulai dari unsur perangkat pekon, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh adat, tokoh wanita hingga Satgas Covid-19. 

Bacaan Lainnya

Dengan dimulainya tahapan ini, Camat Belalau Drs Akmal Hakim mengatakan pemerintah kecamatan dalam hal ini selaku fasilitator dalam proses demokrasi di tingkat pekon itu berharap agar pelaksanaan Pilratin di Kecamatan Belalau yang akan diikuti tiga pekon yaitu Pekon Serungkuk, Kejadian dan Sukarame itu dapat berjalan aman dan damai sesuai dengan harapan bersama.

“Panitia yang dibentuk ini haruslah diisi oleh orang-orang yang menjunjung tinggi netral dan profesional agar pelaksanaan Pilratin berjalan sesuai dengan harapan yakni aman dan damai sehingga siapapun yang terpilih dapat diterima masyarakat dengan baik,” ungkap Akmal. 

Dijelaskannya, sesuai dengan regulasi, pembentukan panitia Pilratin merupakan kewenangan dari LHP. Selain itu untuk panitia Pilratin tingkat pekon terdiri dari unsur perangkat pekon, lembaga pekon dan masyarakat serta keterlibatan dari kaum keterwakilan perempuan.

“Usai pembentukan panitia akan dilanjutkan dengan kegiatan bimbingan teknis, namun terkait tahapan itu kita masih menunggu informasi lebih lanjut,” imbuhnya. 

Sementara, dari pantauan kegiatan pembentukan panitia Pilratin di pekon serungkuk. Ketua LHP Pekon serungkuk Abdi Riansyah mengatakan, panitia Pilratin yang dibentuk harus memenuhi unsur-unsur keterwakilan Pemerintah pekon, Lembaga Pekon dan Tokoh Masyarakat, sehingga undangan yang hadir dipastikan sudah memenuhi unsur-unsur tersebut termasuk adanya satgas Covid-19.

“Setelah melalui musyawarah secara demokratis, alhamdulillah kita sudah menetapkan panitia Pilratin yang terdiri dari perangkat pekon hingga tokoh masyarakat berjumlah sebanyak 13 orang yang terdiri dari ketua dan sekretaris dan 11 anggota,” imbuhnya.(edi/mlo)

Pos terkait