Pekon Sidodadi Bentuk kelompok Kemitraan Konservasi TNBBS

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Aparat Pemerintah Pekon Sidodadi, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menggelar rapat pembentukan Kelompok Kemitraan Konservasi Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) bersama petugas TNBBS.

Bertempat di balai pekon setempat, salah satu materi rapat tersebut diantaranya pembahasan terkait perizinan dalam kemitraan konservasi dan acuan kesepakatan kerja sama yang dibentuk Bupati dengan Dirjen Kehutanan (TNBBS).

Bacaan Lainnya



Peratin Sidodadi Prayetno, menyebutkan, sangat berterimakasih kepada bupati dan Dirjen Kehutanan. Dengan keluarnya izin mengelola TNBBS, masyarakat jadi tenang dan bisa bermitra serta tidak takut dalam menggarap lahan karena telah legal.

“Pembentukan kelompok kemitraan ini sebagai tindak lanjut atas pertemuan bupati dengan Dirjen Kehutanan beberapa waktu lalu. Dan kini masyarakat dapat memanfaatkan potensi hutan dengan tidak merusak ekosistem di dalamnya seperti tidak boleh menebang pohon, bahkan justru wajib melakukan penanaman pohon di lahan yang sudah terbuka,” ungkapnya. 

Lanjut dia, dalam hal tersebut masyarakat jelas merasa sangat senang dan akan konsisten dalam mentaati apa yang menjadi persyaratan dalam pengelolaan lahan Taman Nasional (TN) tersebut. Pemerintah telah memberikan kesempatan, dan kewajiban kita mentaati apa yang jadi persyaratannya.

Diketahui, Kabupaten Lampung Barat merupakan Kabupaten Konservasi dengan lebih banyaknya hutan daripada lahan terbuka seperti keberadaan TNBBS yang melingkari dan membelah kabupaten dengan 15 kecamatan tersebut. (rin/mlo)



Pos terkait