Pekon Sidomulyo Targetkan Jadi Sentra Bibit Buah dan Ternak Kambing

  • Whatsapp
Peratin Sidomulyo Sulistyo

Medialampung.co.id – “Bermimpilah setinggi langit, walau terjatuh, kau akan jatuh diantara bintang-bintang”. Itulah motivasi yang diusung oleh Pemerintahan Pekon Sidomulyo, Kecamatan Pagardewa, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), dalam upaya meningkatkan taraf hidup warganya menuju masyarakat hebat dan sejahtera. 

Peratin Sidomulyo Sulistyo, mengatakan, kemandirian masyarakat bidang usaha menjadi cita-cita pemerintahan pekon sebagai tanggung jawab untuk kelayakan kehidupan warga yang hampir 100% sebagai petani. 

Bacaan Lainnya


Dimana, kemandirian yang dimaksud oleh pihaknya, ialah upaya peningkatan taraf hidup di bidang ekonomi dengan menciptakan inovasi yang langsung dapat ditekuni warga baik secara individu maupun kelompok.  

Dan wacanakan tersebut tentunya disesuaikan dengan kemampuan Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki, serta diiringi dengan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada.

“Wacana, yang rencananya akan mulai kami kembangkan, adalah bidang pembibitan tanaman dan peternakan,” tegasnya. 

Seperti dibidang pembibitan, akan diupayakan pengadaan bibit buah-buahan, sehingga Pekon Sidomulyo akan menjadi sentra penyedia (pengadaan) bibit buah-buahan yang berkualitas dan bermutu. 

Begitu juga dengan peternakan, akan menjadi sentra peternakan kambing, yang kedepannya bukan saja menjadi pekon penghasil kambing tapi juga lainnya seperti susu kambing. 

“Diakuinya, dalam hal itu memerlukan proses yang lama, atau  tidak serta merta kelihatan dan berhasil dalam tempo yang singkat, Namun jika ditekuni secara mendalam, maka dengan sendirinya secara berkesinambungan akan mencapai target dan harapan awal,” ungkapnya.

Pihaknya mengungkapkan, sasaran kedepannya pekon tidak serta merta hanya mengharapkan bantuan dan program dari pemerintah. Melainkan program terus masuk, usaha masyarakat juga terus berkembang. 

Sulistyo juga berpandangan, dengan usaha itu, akan sinkron, dengan usaha pekon lain di sektor wisata. 

“Jika pekon lain membangkitkan wisata dengan potensi wilayah, maka Pekon Sidomulyo akan berupaya menjadi pekon wisata di bidang pengadaan bibit dan ternak kambing,” ungkapnya. (r1n/mlo)




Pos terkait