Pekon Simpangsari Selesaikan Input SDGs Desa Paling Awal

  • Whatsapp
Peratin Simpangsari Harun Sohar

Medialampung.co.id – Pekon Simpangsari, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menjadi pekon pertama menyelesaikan penginputan (masuk) ke aplikasi Sustainable Development Goals (SDGs) Desa. 

Capaian tercepat infus SDGs Desa tersebut, sebagai tindaklanjut capaian tercepat dalam penyebaran kuesioner, dan berada di urutan dua tercepat penginputan ditempati Pekon Waypetai. 

Bacaan Lainnya


Dikonfirmasi Peratin Simpangsari Harun Sohar, menegaskan SDGs Desa adalah sebagai panudan dalam kegiatan pembangunan ke depan. Walaupun untuk 2021 prioritas yang diutamakan dalam pemanfaatan Dana Desa untuk pemulihan ekonomi. 

Dan untuk Simpangsari titik tolaknya melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). “Harapan peratin mulai tahun ini hingga kedepan Pekon Simpangsari menjadi pekon yang tidak ada kemiskinan, tidak ada kelaparan, dan dibidang kesehatan tidak ada stunting serta lainnya yang mencerminkan Pekon Hebat Dan Sejahtera,” ungkapnya. 

Pada kesempatan itu Harun Sohar, juga menceritakan perjuangan hebat relawan SDGs Desa setempat menjadi tercepat dalam penginputan.

Disebutkan, kegiatan SDGs Desa dalam pendataannya dilaksanakan kurang lebih dua bulan. Selama itu bukan berarti tidak ada kendala, termasuk server kementerian dan Aplikasi SDGs Desa sering eror. 

Namun berkat kerjasama dan kerja hebat kelompok kerja (pokja), relawan maka dapat menyelesaikan pendataan pada Tanggal 31 Mei 2021 ini. 

Dan atas capaian tersebut Harun mengucapkan terimakasih kepada pokja dan relawan semoga SDGs ini  jadi acuan yang valid untuk kegiatan di Pekon Simpangsari khususnya di masa yang akan datang, terutama di bidang Pemerintahan, Pembangunan, Pemberdayaan dan Pembinaan Kemasyarakatan. 

Terpisah Camat Sumberjaya Drs Dahlin, M.Pd., mengapresiasi hasil capaian Pekon Simpangsari dan Waypetai. “Saya berharap tiga pekon lainnya secepatnya dapat menginfud SDGs Desa,” tandasnya. 

Ditempat lain Koordnator Kabupaten Lambar Anton Hilman, S.Si membenarkan jika pekon itu pertama melakukan input SGGs Desa, dan atas capaian itu ia juga memberikan apresiasi termasuk kepada beberapa pekon lainnya.  yang sudah menjalankan infus SDGs Desa. 

“Semoga pekon lain dapat segera menyusul, Kemudian datanya bisa jadi analisa sebagai bahan menyusun perencanaan pembangunan 2022,” tutupnya.

Berikut pekon yang sudah Penginputan SDGs Desa, :

  1. Simpangsari Kecamatan Sumberjaya (selesai penginputan)
  2. Waypetai Kecamatan Sumberjaya(selesai penginputan) 
  3. Buaynyerupa Kecamatan Sukau (selesai penginputan)
  4. Pekon Pampangan, Giham sukamaju, Waspada, Dan Tiga Jaya (Sekincau Selesai Penginputan) 
  5. Pekon Sukabanjar Lumbok Seminung (Selesai Penginputan)
  6. Pekon Kota Besi & Pekon Kerang, Kecamatan Batu Brak (selesai penginputan)
  7. Pekon Jagaraga Kecamatan Sukau
  8. Pekon Manggarai Kecamatan Air Hitam (Selesai Penginputan)
  9. Pekon Padangtambak (selesai penginputan tgl 31 Mei)
  10. Pekon Sukananti (selesai penginputan tgl 31 Mei)
  11. Pekon Tambakjaya (selesai penginputan 31 Mei)

*(r1n/mlo)




Pos terkait