Pekon Srimenanti Matangkan Persiapan Desa Tangguh Nusantara 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Menyambut launching Desa Tangguh Nusantara, Pekon Srimenanti, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) terus melakukan persiapan, dan pembenahan apa saja yang masih perlu ditingkatkan.

Seperti diketahui, Polda Lampung menobatkan Pekon Srimenanti, sebagai satu-satunya Pekon Tangguh Nusantara, atau sebagai pekon tangguh dalam menangani, mencegah dan memutus mata rantai Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Bacaan Lainnya



Hal tersebut didasari dari upaya yang dilakukan pekon tersebut sejak mewabahnya Covid-19 Maret lalu. Sehingga atas dasar itu maka pekon itu dijadikan Pekon Tangguh Nusantara, untuk menjadi pilot project bagi pemukiman lainnya dalam melawan virus corona yang saat ini tengah melanda dunia. 

Ditemui di tengah kesibukannya bersama warga dan aparat pekon dibantu petugas babinsa, Peratin Seh Ahmad Widodo, menyebutkan tiga aspek yang menjadi dasar Pekon Tangguh Nusantara tersebut.

Pertama kesehatan terkait dengan ketangguhan masyarakat dalam penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dimana 90 persen warga mentaatinya seperti penyediaan tempat cuci tangan. 

Maka saat ini, pekon kembali menyiapkan rumah isolasi atau rumah singgah, pembuatan kembali posko jaga pekon, dan berbagai edukasi kesehatan lainnya. 

Sementara aspek sosial, ekonomi, dimana masyarakat memiliki usaha berkaitan dengan ketahanan pangan, seperti selain berkebun kopi yang menjadi mata pencaharian utama, juga adanya usaha lain seperti perkebunan pisang, ubi, bahkan sekitar 70 persen masyarakat memiliki usaha ternak kambing. 

Sementara aspek ketiga bidang keamanan, dimana dari Lima pemangku, dengan Sebelah RT sebanyak Sembilan RT telah memiliki Poskamling.

“Dua pemangku yang belum memiliki poskamling Satu warganya memang sedikit, Satunya lagi merupakan lokasi yang keamanannya memang lebih terjaga,” ungkapnya.

Artinya kata Seh Ahmad, mungkin karena hal-hal tersebut Polri yakni Polda Lampung menjadikan pekon itu sebagai Desa Tangguh Nusantara.

Dan terkait itu, pihak pekon akan berupaya dengan energi yang dimiliki untuk menciptakan  pekon tangguh dalam menangani, mencegah dan memutus mata rantai Coronavirus Disease 2019 (Covid19). 

Sebelumnya disampaikan Camat Airhitam Drs. Dahlin, M.Pd., pihak polres lambar yakni Kabag Operasional dan Kasat Binmas melakukan kunjungan dalam rangka sosialisasi terkait hal tersebut bersama uspika, dan petugas babinsa, babinkamtibmas. 

Dahlin berharap masyarakat Pekon srimenanti untuk mendukung bersama-sama terkait dengan pencegahan penularan Covid-19. Bukan hanya karena pekon itu tangguh. Namun betul-betul dapat melaksanakan prokes terkait pencegahan penularan virus corona yang masih mewabah. (rin/mlo)



Pos terkait