Pekon Sukajadi Berikan Bantuan Pembuatan Jamban di 23 Rumah

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sebagai upaya untuk menjaga lingkungan yang sehat dan membantu warga, serta salah satu bentuk dukungan dalam rangka memaksimalkan program Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar). 

Pemerintah Pekon Sukajadi Kecamatan Krui Selatan, memberikan bantuan stimulan kepada warga berupa material bangunan untuk pembuatan jamban (WC), Sabtu (14/8) kemarin.

Bacaan Lainnya

Peratin Pekon Sukajadi, Bazargan, S.Pd.I., mengatakan pemberian bantuan stimulan berupa semen, pipa paralon, batu bata, kayu kaso dan balok, serta seng, paku dan closed itu merupakan program Pekon setempat melalui anggaran Dana Desa tahun 2021. Pasalnya, hingga kini masih ada warga yang belum memiliki jamban di rumahnya.

“Hingga kini tercatat ada 23 rumah warga yang belum memiliki jamban, dan alhamdulilah dengan adanya program bantuan stimulan di Pekon Sukajadi ini melalui DD tahun 2021 agar warga terbantu,” katanya.

Sehingga, lanjutnya, sebanyak 23 rumah warga di Pekon Sukajadi yang sebelumnya tidak memiliki jamban di rumah itu, kini sudah bisa membangun jamban. Dengan begitu, kini tidak ada lagi rumah warga yang tidak memiliki jamban (WC). Pihaknya tentu berharap bagi warga yang telah mendapat bantuan stimulan tersebut dalam pengerjaan pembangunan jamban di rumahnya masing-masing itu bisa terlaksana dengan baik.

“Kita juga berharap agar semua bangunan WC yang nantinya telah selesai dibangun itu juga dapat dijaga dan dirawat, serta dimanfaatkan dengan maksimal oleh warga,” ujarnya.

Kedepan, kata dia, dengan telah memiliki jamban di seluruh rumah warga yang ada di Pekon Sukajadi ini, tentu diharapkan dapat mendukung kesehatan lingkungan. Karena dengan lingkungan yang sehat maka itu dapat mengantisipasi timbulnya penyakit. Selain itu, program bantuan stimulan untuk warga yang belum memiliki jamban, juga sebagai bentuk dukungan Pekon dalam mendukung program Pemkab Pesbar salah satunya Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan.

“Untuk itu, dengan telah direalisasikannya bantuan stimulan untuk pembuatan jamban tersebut, mudah-mudahan kedepan tidak ada lagi masyarakat yang buang air besar sembarangan,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait