Pekon Sukajadi Siapkan Balai Rakyat Jadi Rumah Isolasi

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintahan Pekon Sukajadi Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) telah menyiapkan Balai Rakyat menjadi rumah isolasi bagi warga yang baru pulang kampung dari luar daerah khususnya dari zona merah Covid-19 atau virus corona.

Peratin Pekon Sukajadi, Bazargan, mengatakan rumah isolasi mandiri yang dipusatkan di Balai Rakyat Pekon setempat mulai dipersiapkan sejak hari ini (kemarin, red).  Dirinya berharap dengan adanya rumah isolasi yang telah siap difungsikan itu dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang baru pulang kampung dari daerah zona merah Covid-19 seperti Jakarta dan sekitarnya.

Bacaan Lainnya

“Kita akan berupaya untuk memberikan pelayanan terhadap warga, seperti dalam penanganan dan pencegahan Covid-19, salah satunya menyiapkan tempat untuk warga melakukan isolasi mandiri itu, katanya, Rabu (29/4).

Dijelaskannya, untuk rumah isolasi yang dipusatkan di Balai Rakyat itu dapat menampung maksimal sekitar 30 orang. Pekon hanya menyiapkan tempat untuk isolasi, sementara untuk peralatan dan kebutuhan pangan atau makanan  itu bukan tanggung jawab pekon, melainkan tanggung jawab pihak keluarga yang melakukan isolasi mandiri.

“Sampai sekarang Pemkab Pesbar masih terus memantau warga yang baru pulang kampung dari luar daerah, begitu juga di Pekon hingga kini akan terus memantau warga yang baru datang dari luar daerah,” jelasnya.

Untuk itu, kata dia, pihaknya mengimbau masyarakat khususnya di Pekon Sukajadi yang baru pulang kampung dari luar daerah agar dapat melakukan isolasi secara mandiri selama 14 hari, hal itu sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya penularan wabah Covid-19, meski warga yang baru datang itu terpapar Covid-19 atau tidak, tapi sebaiknya harus diantisipasi salah satunya melakukan isolasi mandiri.

Karena itu jika di rumah warga tidak ada tempat untuk melakukan isolasi mandiri, maka bisa menggunakan Balai Rakyat yang telah disiapkan Pekon untuk tempat isolasi. 

Diharapkan bagi warga terutama yang baru pulang kampung dari zona merah Covid-19 yang ingin melakukan isolasi mandiri bisa langsung menghubungi perangkat pekon setempat. Sedangkan, terkait dengan Balai Rakyat yang dijadikan rumah isolasi itu kemungkinan hingga kondisi pandemi Covid-19 nanti sudah membaik.

“Kita juga mengingatkan masyarakat di pekon ini untuk tetap menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi, mencuci tangan dengan sabun, serta berperilaku hidup sehat dan bersih,” tandasnya.(yan/d1n/mlo)

Pos terkait