Pekon Sukajaya Ajak Pekon Lain Tingkatkan Pengawasan Pendatang

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pekon Sukajaya, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) merencanakan untuk menjalin kerjasama dengan Pekon Sidangpagar dan beberapa pekon di Kecamatan Pagardewa untuk membangun posko penanganan coronavirus disease 2019 (Covid-19).

Rencana itu diketahui saat aparat bersama relawan pekon, LHP dan beberapa unsur pekon lainnya  menggelar rapat koordinasi, Selasa (21/4).

Bacaan Lainnya



Peratin Sukajaya Wiwin Wardoyo menyebutkan. Pekon itu persisnya di ruas jerambah merupakan pintu masuk menuju Kecamatan Pagardewa, yang melintasi Pekon Sidangpagar. 

Sehingga terkait saat ini mendekati bulan suci Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri serta menyongsong musim kopi. Diprediksi warga pendatang yang masuk wilayah itu, khususnya ke Kecamatan Pagardewa akan membludak. Hal itu digambarkan sebagaimana kebiasaan tahun-tahun sebelumnya.

Sehingga untuk mendeteksi jumlah warga, perlu dilakukan pemeriksaan identitas, seperti asal dan tujuan serta kondisi kesehatan secara umum seperti apa. 

Maka Relawan Covid-19 Pekon Sukajaya akan mengajak beberapa pekon melakukan penjagaan posko bersama di pintu masuk Pekon Sukajaya tersebut.

“Kita tidak tau dengan kondisi saat ini yang tengah dikhawatirkan oleh covid-19 ini. Maka dari itu tentu antisipasi dan kesiapsiagaan harus dilakukan, dan kita berharap pekon-pekon yang nantinya akan diajak dapat mengikuti untuk kepentingan bersama,” ujarnya.

Sebab kata dia sekarang ini saja warga dari luar, banyak yang pulang kampung, terdampak pandemi Covid-19.

“Harapan dan doa kita. Saudara kita yang pulang dari rantau semuanya dalam kondisi sehat. Dan dengan melintas di posko bersama, paling tidak kita bisa pantau keberadaan mereka minimal anjuran karantina mandiri selama 14 hari,” harapannya.

Terpisah, Peratin Sindangpagar Supani menyambut baik rencana itu. Karena dalam upaya antisipasi penyebaran Covid-19 merupakan tanggung jawab bersama.

“Pekon kami siap, dan kami memang sudah banyak melakukan langkah-langkah pencegahan,” tandasnya. (rin/mlo)



Pos terkait