Pekon Sukamaju Dicanangkan Sebagai Kampung Tangguh Nusantara 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pekon Sukamaju, Kecamatan Lumbokseminung, Kabupaten Lampung Barat dicanangkan menjadi Kampung Tangguh Nusantara dalam menghadapi pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Hal itu ditandai digelarnya adanya Rapat koordinasi dalam rangka membahas kesiapan diantaranya kesiapan pangan, kesiapan lokasi penanggulangan Covid-19, kesiapan siskamling atau pamswakarsa serta pemasangan banner kampung tangguh, Rabu (17/2).

Bacaan Lainnya


Kegiatan tersebut dihadiri Kanit Binmas Polsek Balik Bukit Ipda Sabtudin, Sekcam Lumbokseminung Erwin Ardiansya Indra Guna, S.Pd.I, Peratin Sukamaju Piriyan Adrianda, anggota Babinsa dan Babinkamtibmas serta aparatur pemerintahan pekon setempat.

Dalam kesempatan itu, Kanit Binmas Ipda Sabtudin mewakili Kapolsek AKP Arnis Daely, mengatakan kegiatan rakor itu dilaksanakan dalam rangka mendukung pencanangan pekon sukamaju sebagai kampung tangguh nusantara.

“Kampung Tangguh Nusantara merupakan salah satu program yang menjadi upaya pemerintah bersama polri untuk mengoptimalkan penanggulangan penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Sehingga, untuk menyukseskan tujuan dicanangkannya program tersebut, lanjutnya, diperlukan peran dari masyarakat mulai dari menjaga kesehatan, kebersihan, dan menyediakan tempat isolasi,  kesiapan pangan untuk penanggulangan Covid-19.

“Wabah Covid-19 saat ini belum berakhir sehingga seluruh lapisan masyarakat harus terus menerapkan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebarannya,” pintanya.

Ia menyebutkan ada beberapa empat aspek suatu daerah ditetapkan sebagai kampung tangguh yaitu ketahanan di bidang kesehatan, sosial, pangan, dan keamanan. Sehingga, dalam kriteria tersebut, pekon juga harus memiliki sejumlah fasilitas mulai dari pos kamling, pemeriksaan kesehatan, dan tempat isolasi.

Sementara itu, Peratin Sukamaju Piryan Adrianda menyatakan kesiapan pihaknya untuk mensukseskan program tersebut, pihaknya juga berterima kasih atas kepercayaan pemerintah dan unsur Polri dengan mencanangkan pekon tersebut sebagai salah satu kampung tangguh nusantara.

“Kami tentunya siap mendukung kesuksesan program ini, untuk itu mohon dukungan dan kerjasama dari seluruh lapisan masyarakat untuk kita bersama-sama melakukan upaya penanggulangan wabah Covid-19 salah satunya tetap disiplin menjalan protokol kesehatan,” tandasnya.(edi/mlo)


Pos terkait