Pekon Sumberalam Buka Lahan Program Pangan Mandiri

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Bentuk kesiapsiagaan tersedianya pangan tambahan, sekaligus upaya mencegah krisis pangan. Pemerintah Pekon Sumberalam, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) bersama warga gotong royong buka lahan sebagai lokasi tanaman pangan.

Upaya yang digalakkan pekon itu sekaligus langkah nyata dalam mendukung program Pangan Mandiri (PM) Pemkab Lambar. 

Bacaan Lainnya


Seperti diketahui pandemi Covid-19 yang melanda belahan dunia, berimbas ketidakstabilan ekonomi, dan untuk mengantisipasi terjadinya masalah dalam ketersediaan pangan, maka pemerintah mengambil solusi diantaranya tentang ketahanan pangan. 

Menyikapi itu Pemkab Lambar dibawah Komando Bupati Parsoil Mabsus memulai Program Pangan Mandiri (PM) dengan mengajak masyarakat untuk memanfaatkan bereradaan lahan yang selama ini tidak diolah secara maksimal, seperti keberadaan lahan kosong yang masih sangat luas. 

Terkait itu Pekon Sumberalam dibawah pimpinan Peratin Husain melakukan gerakan awal dengan mengajak warga manfaatkan lahan masing-masing untuk ditanami tanaman pangan. 

Dalam ajakan itu pemerintah pekon membuka lahan kosong pekon menjadi dempot untuk ditanami jenis tanaman pangan. “Iya saat ini kami sudah membuka lahan demplot untuk tanaman pangan dalam rangka mendukung Program PM. Dan potensi dukungan itu sangat besar dengan keberadaan lahan warga yang sangat mendukung,” ungkap Husain.

Lanjut Husain menjadi titik fokus pemerintah pekon dalam pendukung PM adalah dengan mengajak masyarakat memanfaatkan lahan tidak atau belum digunakan dengan maksimal.

“Jika dilihat saat ini alhamdulilah kehidupan warga cukup baik, termasuk dalam ketersediaan pangan. Karena memang mayoritas masyarakat sebagai petani, baik berkebun kopi, hingga tanaman lainnya maupun usaha penanaman padi, yang rata ada disetiap kecamatan,” ungkapnya. 

Namun kata dia apa salahnya kepemilikan usaha itu dilengkapi dengan memanfaatkan lahan yang selama ini belum tergarap.

“2021 nanti, kami juga memfokuskan program dibidang pangan, dengan membangkitkan potensi pangan yang ada,” tandasnya. (rin/mlo)



Pos terkait