Pekon Sumberalam Gelar Musdesus KPM BLT-DD 2021 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pekon Sumberalam, Kecamatan Airhitam, menggelar Musyawarah Desa Khusus (Musdes) penentuan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD).

Tahun Anggaran (TA) 2021, Merujuk Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) Nomor 222, Terkait Penggunaan Dana Desa Salah Satu Untuk BLT-DD dengan Besaran Rp300 setiap KPM selama satu tahun.

Bacaan Lainnya

Mudesus yang dilaksanakan di Balai Rakyat Pekon Sumberalam yang dibangun lewat Dana Desa (DD) 2020, selain dihadiri oleh Satgas Penanganan Covid-19 Pekon Sumberalam, juga dihadiri oleh Satgas Kecamatan Airhitam yang dipimpin langsung Camat Drs. Dahlin, M.Pd., Pendamping Kecamatan Ahmad Suryanto, dan elemen terkait lainnya. 

Disampaikan Dahlin, sesuai dengan permenkeu nomor 222, maka untuk menentukan penerima manfaat atau KPM BLT-DD tersebut harus dilakukan melalui mudesus melibatkan seluruh elemen yang ada di pekon, sama dengan kecamata setelah itu pekon baru dapat menentukan tahapan berikutnya.

“Harapan saya Januari ini semua pekon di Kecamatan Airhitam khususnya menyelesaikan mudesus BLT-DD tersebut, karena dalam penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) diantaranya yang sudah ditentukan jumlah KPM BLT-DD,” tegasnya.

Karena tahun ini, dalam pemanfaatan ADD, terdapat Tiga poin yang menjadi poin utama, penyaluran BLT-DD, penanganan Stunting, dan Pemulihan Ekonomi Masyarakat. “Data tiga poin ini seyogyanya harus baku dalam APBDes. Karena itu diupayakan dipercepat, agar penyusunan APBDes juga cepat selesai, dan usulan program ADD tahun ini juga secepatnya direalisasikan,” imbaunya.

Sementara disampaikan Petugas Pendamping Kecamatan Ahmad Suryanto dari hasil mudesus tersebut terdapat 80 KPM BLT-DD Pekon Sumberalam. Dengan kriteria warga yang kehilangan mata pencaharian, memiliki penyakit menahun, dan tidak terdata sebagai penerima bantuan lain dari pemerintah. 

Ahmad Suryanto, selaku pendamping mengapersiasi dan berharap penerapan penentuan KPM, BLT-DD Pekon Sumberalam dilaksanakan sama untuk lainnya, dengan penerapan seleksi ketat, hingga petugas gabungan pekon dan kecamatan sampai surpey lokasi, guna memastikan kriteria penerima. 

Pihaknya juga memprediksi Maret penyaluran BLT-DD sudah dapat dilaksanakan, artinya usulan pencairan DD tahap I sudah berjalan.

“Jika dilihat dari upaya penyusunan yang dilakukan saat ini saya rasa Maret BLT-DD ini udah disalurkan, semoga tidak ada hambatan,” kata dia.

Peratin M.Husain, menambahkan, Musdesus tersebut juga sebagai wujud penyampaian ke warga, agar tidak muncul asumsi, kalau tidak dekat dekat peratin tidak dapat. 

“Musdesus ini merupakan verifikasi pendataan langsung sesuai kondisi yang terjadi, artinya terlepas siapa saja, kalau memang layak memperoleh yang tidak masuk, begitu juga sebaliknya,” paparnya.

Terkait itu pihaknya menyampaikan terimakasih kepada seluruh petugas yang terlibat dalam pendataan tersebut yang telah berhasil menghimpun warga penerima BLT-DD. 

“Semoga Covid-19 segera berlalu, dan kita semua dapat beraktivitas secara normal,” tandasnya. (r1n/mlo)


Pos terkait