Pekon Sumberalam Gelar Musdesus Penetapan Hasil Pemutakhiran Data SDGs Desa 2021

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Pekon Sumberalam, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat, menggelar Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) Penetapan Hasil Pemutakhiran Data SDGs Desa 2021. Bertempat di aula balai pekon setempat, Senin (7/6).

Dalam musdesus yang dihadiri Pendamping Pekon Ahmad Suryanto, dan Eka Mustika, jajaran LHP dan Perwakilan masyarakat tersebut dalam rangka Evaluasi, Verifikasi dan Validasi, serta analisa dan penetapan hasil pemutakhiran pendataan SDGs Desa.  

Bacaan Lainnya


Ketua Pokja Relawan SDGS Desa dalam hal ini Jurtul Feri Angreawan berkenan melaporkan hasil pelaksanaan pendataan SDGs Desa yang terdiri dari Survey Desa, Survey Rumah Tangga, Survey Keluarga dan Survey Individu

Dimana jumlah unsur Pemerintah Desa yang telah didata sebanyak Tiga Belas orang, kemudian jumlah unsur LHP yang telah didata sebanyak Lima Orang.

Termasuk data, lokasi pekon, pemerintahan pekon, Jumlah musyawarah desa yang telah dilaksanakan tahun sebelumnya, Regulasi pekon  apa saja yg telah dihasilkan tahun sebelumnya, APBPekon dan Aset pekon yang ada, layanan dan kerjasama apa saja yang telah dilakukan, kondisi Lembaga Kemasyarakatan Desa.

Diantaranya jumlah pengurus dan jumlah anggota. BUMpekon, Unit Usaha BUMpekon serta Infrastruktur dan lainnya. Khusus untuk BUMpekon  yang disampaikan adalah. Modal awal omzet setahun terakhir, keuntungan kotor sebelum dikurangi pajak, nilai aset Bumpekon, serta jumlah unit usahanya dan berbagai lainnya.  

Peratin Sumberalam, Husain menyampaikan, Pemerintah, bersama pendamping pekon dan team SDGs pekon melaksanakan musdesus untuk memvalidasi data yang telah selesai dilaksanakan, baik pendataan manual maupun data yg sudah di oploud ke server SDGs.

Selanjutnya Husain menjelaskan, untuk itu sesuai dengan petunjuk pendamping SDGs,maka sekretaris Pekon Sumberalam beserta team SDGs.telah mengukuhkan penyelesaian tersebut, melalui musyawarah khusus dengan berita acara yang selanjutnya diserahkan kepada pratin.

Terusnya setelah melalui penelitian data bersama LHP dan tokoh masyarakat dan tokoh agama yang diundang maka pratin  bertanda tangan di berita acara tersebut dan selanjutnya diserahkan kepada pendamping desa team SDGs Kecamatan Airhitam..

“Saya Pratin Sumberalam mengucapkan terimakasih kepada seluruh team dan anggota yang bekerja untuk SDGs Pekon Sumberalam. Saya tahu mengerjakan data manual dan upload datanya sangat melelahkan bahkan pada bulan puasa yang lalu sering lembur sampai sahur. Bahkan dari laporan jurtul bahwa data manual dan oploudnya sudah selesai setengah bulan sebelum lebaran Idul Fitri tapi karena kesibukan kita semua maka musyawarah khususnya baru bisa kita lakukan hari ini,” tandasnya.  (r1n/mlo)




Pos terkait