Pekon Sumberrejo Musrenbang Penyusunan RKP 2022 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Jajaran pemerintah pekon di Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat mulai melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah (RKP) pekon tahun 2022 seperti yang dilaksanakan di Pekon Sumberrejo, Senin (13/9).

Agenda rutin tahunan tersebut yang digelar di balai pekon setempat dihadiri Sekcam Batuketulis Nusirwan, S.Pd beserta jajaran, pendamping desa, Peratin Sumberejo Karyono, Babinsa, Babinkamtibmas serta seluruh kepala pemangku di wilayah setempat. 

Bacaan Lainnya

Dalam arahannya, Sekcam Batuketulis Nusirwan mewakili Camat Batuketulis Sutian mengimbau agar pemerintah pekon memprioritaskan program sesuai kebutuhan masyarakat, dengan tetap mengacu pada regulasi dan petunjuk prioritas dana desa dari pemerintah pusat serta tetap menyelaraskan program dalam upaya membangun Lambar melalui Pitu (Tujuh) program dan tiga komitmen Pemkab Lambar.

“Dalam momentum musrenbang RKP Pekon 2022 ini, tentunya kita berharap agar pemerintah pekon mengedepankan aspirasi masyarakat, menyelaraskan dengan program pemkab, serta tetap mengacu dengan prioritas DD yang masih mengoptimalkan pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Termasuk peraturan menteri keuangan yang meliputi ketahanan pangan, pengembangan ekonomi desa serta padat karya tunai desa,” ujarnya

Menurutnya, Musrenbang tingkat pekon ini menjadi wadah untuk menyerap aspirasi masyarakat dalam rangka mewujudkan cita-cita yang telah termuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) pekon.

“Setiap wilayah di tingkat pemangku memiliki prioritas yang berbeda. Kami berharap kepada pemerintah pekon dapat betul-betul melihat kebutuhan masyarakat di tiap pemangku,” pintanya. 

Sementara itu, Peratin Sumberrejo, Karyono menambahkan bahwa agenda Musrenbang yang akan dilaksanakan ini menjadi bagian dari rangkaian proses penyusunan rencana kerja pemerintah pekon secara partisipatif untuk menjaring aspirasi dan kepentingan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang ada di masing-masing pemangku.

“Untuk itu, disini kami menghadirkan seluruh tokoh dan elemen masyarakat untuk memberikan wadah menyampaikan aspirasi agar pelaksanaan anggaran di tahun 2022 mendatang berjalan sesuai dengan keinginan masyarakat,” ujarnya.

Sebab, tambahnya, partisipasi khususnya dalam proses perencanaan program pekon menjadi hal yang sangat penting untuk menentukan kebijakan. Untuk itu, ia berharap musrenbang RKP 2022 ini dapat menghasilkan usulan program yang berkualitas mewujudkan Pekon Sumberrejo yang lebih maju dan hasil pembangunan dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.(edi/mlo)


Pos terkait