Pekon Tribudi Makmur Musdesus BLT-DD, Pekon Muarajaya II Rakor APBdes 2021

  • Whatsapp
Musdesus BLT-DD Pekon Tribudi Makmur

Medialampung.co.id – Pekon Tribudi Makmur, Kecamatan Kebuntebu, Kabupaten Lampung Barat, melaksanakan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) penetapan, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahun Anggaran (TA) 2021, Senin (18/1).

Musdesus BLT-DD, dilaksanakan merujuk pada peraturan Menteri Keuangan No.222 terkait penggunaan Dana Desa, salah satunya untuk BLT-DD dengan besaran Rp300 setiap KPM selama satu tahun.

Bacaan Lainnya

Selain dihadiri oleh Satgas Penanganan Covid-19 Pekon Sumberalam, juga dihadiri oleh Satgas Kecamatan Kebuntebu,  Pendamping Kecamatan, dan elemen terkait lainnya. 

Disampaikan Camat Indrayani, M.Pd, dalam menentukan KPM BLT-DD dilakukan melalui mudesus yang melibatkan seluruh elemen yang ada di pekon, didampingi tim kecamatan. 

Diharapkannya Januari ini semua pekon di Kecamatan Kebuntebu dapat menyelesaikan mudesus. Sebab jumlah KPM BLT-DD jadi salah satu syarat dalam penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes).

Sementara disampaikan Peratin Andy Waryadi, sesuai ketentuan. Tiga poin utama pemanfaatan ADD, diantaranya untuk  penyaluran BLT-DD, kemudian Penanganan Stunting, dan Pemulihan Ekonomi Masyarakat. 

Dan kriteria penerima BLT-DD, seperti warga yang kehilangan mata pencaharian, memiliki penyakit menahun, dan tidak terdata sebagai penerima bantuan lain dari pemerintah. 

Ditambahkannya, Musdesus tersebut juga sebagai wujud penyampaian ke warga, agar tidak muncul asumsi miring dalam penetapan, hingga penyalurannya.

“Musdesus ini merupakan verifikasi pendataan langsung sesuai kondisi yang terjadi, artinya terlepas siapa saja, kalau memang layak memperoleh yang tidak masuk, begitu juga sebaliknya,” paparnya.

Andy juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh petugas yang terlibat dalam pendataan tersebut yang telah berhasil menghimpun warga penerima BLT-DD. 

Sementara di Pekon Muarajaya II, kegiatan koordinasi juga dihelat, berupa pendampingan perencanaan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) 2021. (r1n/mlo)


Pos terkait