Pekon Trimulyo Bangun Tower Satelit Penerapan Sistem IT

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Teknologi Informasi (IT), tidak bisa lagi dipisahkan dari segala aktivitas kehidupan, termasuk di bidang pemerintahan yang semuanya mulai menerapkan sistem digital. 

Menyongsong penerapan penuh sistem IT tersebut, beragam persiapan seperti penyediaan server pun dilakukan.

Bacaan Lainnya


Seperti yang dilaksanakan oleh pemerintah Pekon Trimulyo, Kecamatan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat (Lambar). Meskipun di wilayah tersebut jaringan seluler sudah lancar atau penerapan Generasi 4 atau Fourth Generation Technology (4G).

Namun, untuk kelancaran server yang mulai diterapkan. Pekon tersebut tegakkan tower khusus penangkap sinyal di lokasi balai pekon setempat. 

Bahkan tak tanggung-tanggung perlengkapan tower yang berdiri puluhan meter tersebut cukup lengkap, seperti pemasangan great router di pucuk tower yang gunanya sebagai enter point (penangkap sinyal).

Pemasangan CPE TP-LINK (router up) gunanya sebagai pengatur dan penyebar sinyal. Alat itu terpasang di atas tweet, yang jumlahnya bisa banyak minimal Dua. 

Selain itu manfaat TP-LINK router juga digunakan sebagai enter sinyal Wi-Fi, biasa di pasang di areal sekitar titik yang akan diberikan sinyal Wi-Fi.

Kemudian server/modem full, digunakan sebagai sumber pengolahan data sinyal dan kuota internet. Bisa dikatakan merupakan inti/otak dari semua sistem yang dipasang. 

Beberapa perangkat pendukung tersebut disesuaikan titik areal yang akan dipasang routernya.

Ada juga mikrotik up, digunakan sebagai perangkat pembagian sistem, nanti akan dikelola dengan aplikasi sistem di laptop/operator. Hub TP-LINK itu digunakan sebagai pembagian sistem RJ45/LAN untuk diarahkan ke PC/laptop.

Peratin Buchori, S.P., berharap dengan dilengkapinya sarana pendukung tersebut Pekon Trimulyo akan mampu menjadi Pekon yang bisa menerapkan segala kebutuhan khususnya terkait administrasi pekon secara IT. (r1n/mlo)




Pos terkait