Pekon Trimulyo Fasilitasi Pelaku UMKM Diskusi Pelatihan Pemasaran Go to Virtual 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai pelaku usaha yang  berpotensi menopang perekonomian masyarakat,  merupakan kelompok pelaku usaha yang memerlukan perhatian dan sentuhan khusus, karena melalui mereka geliat perekonomian kita dapat terukur dan menjadi penopang penentu perkembangannya.

Pada masa pondemi Covid-19 ini, UMKM mengalami dampak yang luar biasa dikarenakan terbatasnya ruang gerak mereka.

Bacaan Lainnya



Kondisi ini menuntut kita memuncul inovasi yang bisa membuat para pelaku UMKM tetap bisa bertahan.

Kegiatan UMKM Go to Virtual di gagas oleh Agus Arianto, S.ST, MT beserta team relawan  yang dilaksanakan di Pekon Trimulyo Kecamatan Gedung Surian, Kabupaten Lampung Barat yang dihadiri oleh Camat Gedung Surian Ernawati, S.E, Peratin trimulyo Buchori, S.P dan dilaksanakan di balai pekon setempat. 

Kegiatan ini menghadirkan sekitar 50 pelaku UMKM yang berasal dari pekon trimulyo dan pekon-pekon yang ada di kecamatan Gedungsurian. 

Tujuan dari kegiatan ini adalah bagaimana mendorong pelaku UMKM untuk dapat bangkit dan berkembang dengan memanfaatkan digitalisasi, virtual, berbasis IT serta harus mampu beradaptasi dengan tuntutan situasi normal baru (new normal).

Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah  Mendorong penggiat UMKM Lambar untuk menggalakkan/mengoptimalkan strategi pemasaran berbasis teknologi informasi.

Serta merintis bisnis pembentukan pasar virtual Lampung Barat sebagai upaya menghubungkan UMKM dengan jangkauan pasar yang lebih luas.

Dalam sambutannya, Camat Gedungsurian Ernawati, menyambut baik kegiatan itu, karena dengan kegiatan tersebut para pelaku UMKM dapat terdorong untuk memanfaatkan teknologi IT untuk memasarkan produknya dan masuk ke dunia virtual yang memaksa para pelaku untuk terus berinovasi dalam strategi pengembangan usaha.

Sementara peratin Trimulyo Buchori, S.P di sela-sela acara juga menyampaikan bahwa kegiatan itu menjadi pembuka awal usaha bagi para pelaku UMKM. Kita bisa contoh usaha-usaha  yang menggunakan fasilitas internet seperti bisnis online, go jek dan lain-lain yang telah berhasil memanfaatkan media.

Pada kesempatan itu pihak pemateri Agus Riyanto menyampaikan terimakasih kepada camat telah memberikan izin dan mendampingi kegiatan tersebut. Begitu juga kepada Peratin Buchori yang juga telah merekomendasi baik tempat, peralatan dan lainnya. 

Dimana disebutkannya tujuan pelatihan dan diskusi tersebut memberikan pendampingan kepada para pelaku UMKM di era tatanan baru (new normal) 

Melalui pelatihan tersebut diharapkan para pelaku UMKM mendapat pengetahuan yang cukup tentang pembuatan akun bisnis seperti google, My Business, marketplace dan lain-lain. Sehingga produk yang dipasarkan akan lebih mudah melalui virtual market. (rin/mlo)



Pos terkait