Pekon Trimulyo Gelar Sosialisasi Germas

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pekon Trimulyo, Kecamatan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), menggelar sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di balai pekon setempat, Rabu (11/12).

Sosialisasi Germas itu sendiri dilaksanakan oleh tenaga dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Rawat Inap Gedungsurian dan ditujukan kepada para kader, seperti Kader Kesehatan Lingkungan (Kesling), Kader PKK, Kader Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Kader Posyandu, Karang Taruna, Tokoh Masyarakat dan Perangkat Pekon.

Bacaan Lainnya



Disampaikan Peratin Trimulyo Buchori, S.P., kegiatan itu bertujuan untuk lebih memberikan pemahaman kepada peserta tentang PHBS.

Terkait itu Buchori berharap agar para kader, perangkat pekon, KT dan tokoh-tokoh pekon, yang merupakan ujung tombak kegiatan di pekon bisa lebih paham dan lebih mengerti akan pemahaman dan PHBS, atau tentang yang berkaitan masalah kesehatan.

“Keuntungan dengan memiliki pemahaman PHBS, pada saat masyarakat bertanya para peserta bisa menjawab dan menjelaskan akan hal-hal yang sifatnya pokok atau intinya,” ungkapnya.

Jika kegiatan itu  tersosialisasi sampai ke masyarakat bawah, diyakininya tujuan untuk mewujudkan masyarakat sehat dan Pekon sehat akan mudah terwujud.

Sementara disampaikan Kepala Puskesmas (Kapus) setempat Minarni, S.Km, M.Kes., kegiatan ini dilaksanakan dan digilir di seluruh pekon yang tersebar di Kecamatan Gedungsurian atau di bawah naungan puskes tersebut dengan memanfaatkan Biaya Operasional Kesehatan (BOK).

Sekedar diketahui pada kesempatan itu dimanfaatkan pemerintahan Pekon Trimulyo, untuk penyampaian hasil pendataan dan survey terhadap masyarakat pekon atas PHBS yang dilaksanakan sebelumnya.

Dalam pendataan itu dilakukan bersama oleh Tim dari Puskesmas Gedungsurian dan Kader PHBS Pekon Trimulyo. Dimana hasil survey dan pendataan tersebut akan digunakan untuk menentukan arah dan kebijakan program kesehatan di Pekon Trimulyo. (ius/mlo)



Pos terkait