Pekon Tulung Bamban Data Warga Kurang Mampu

  • Whatsapp
Peratin Pekon Tulung Bamban Edison

Medialampung.co.id Pemerintahan Pekon Tulung Bamban Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mendata warga kurang mampu di Pekon setempat, terutama yang belum tersentuh program penerima bantuan sosial (bansos) dari Pemerintah baik Program Keluarga Harapan (PKH) dan program bansos lainnya.

Peratin Pekon Tulung Bamban, Edison, mengatakan hingga kini di Pekon setempat masih ditemukan ada beberapa warga kurang mampu yang belum tersentuh program bansos pemerintah. Karena itu, pihaknya kini tengah melaksanakan pendataan di setiap Pemangku.

Bacaan Lainnya



“Rata-rata rumah warga di Pekon ini banyak yang sudah layak, tapi sebagian besar pemilik rumah itu berpenghasilan minim,” katanya, Selasa (14/1).

Dijelaskannya, selain berpenghasilan minim, warga yang sudah memiliki rumah layak itu juga tidak memiliki lahan berkebun atau sawah, sehingga penghasilannya bersumber dari buruh harian atau upahan berupa buruh kasar seperti di kebun dan lainnya. Dengan begitu, perekonomian warga itu dinilai belum sepenuhnya mencukupi kebutuhan sehari-hari.

“Dengan begitu kita berharap agar ada perhatian dari Pemkab Pesbar, sehingga kedepan warga kurang mampu di Pekon ini bisa mendapat program bansos dari Pemkab,” jelasnya.

Sementara itu, kata dia, pemerintahan Pekon Tulung Bamban melalui anggaran dana desa tahun 2020 akan memaksimalkan pembangunan sanitasi atau jamban keluarga untuk membantu warga yang hingga kini rumahnya belum memiliki jamban. Mengingat pembangunan jamban itu cukup penting untuk menjaga lingkungan yang bersih yang berdampak pada kesehatan masyarakat.

Untuk itu, kata Edison, ditargetkan pada tahun 2020 seluruh rumah yang belum memiliki jamban akan selesai dibangun melalui anggaran Pekon setempat. Berdasarkan pendataan di Pekon setempat masih ada beberapa rumah warga yang belum memiliki jamban, itu akan menjadi prioritas.

“Pada 2019 lalu kita sudah membangun sekitar 10 jamban keluarga, di tahun  2020 ini rencananya akan dibangun 60 jamban keluarga,” pungkasnya. (yan/d1n/mlo)



Pos terkait