Pekon yang Tidak Anggarkan BLT-DD Akan Disanksi 

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) minta seluruh peratin di Kabupaten setempat  menganggarkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) lanjutan sebesar Rp300 ribu perbulan untuk setiap keluarga penerima terhitung sejak Juli hingga September 2020 mendatang.

Kabid Kelembagaan dan Pemerintahan Pekon, Iswandi, S.Ip., mendampingi Plt. DPMP Pesbar Eksir Abadi, S.H., mengatakan penganggaran BLT-DD lanjutan itu menjadi kewajiban bagi seluruh Pekon, sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.50/2020 tentang perubahan kedua atas PMK No.205/2019 tentang pengelolaan Dana Desa.

Bacaan Lainnya



Selain itu, Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Permendes PDTT) Republik Indonesia, No.7/2020 tentang perubahan kedua atas Permendes PDTT No.11/2019 tentang prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2020. Dalam seluruh aturan itu dijelaskan jika salah satu bagi Desa/Pekon yang tidak menganggarkan BLT-DD lanjutan itu akan dikenakan sanksi.

“Salah satunya berupa pemotongan anggaran Dana Desa untuk tahun berikutnya, kalau tidak salah sekitar 50 persen dari pagu anggaran,” katanya, Jumat (7/8).

Karena itu, pihaknya berharap Pekon benar-benar mempersiapkan anggaran BLT-DD lanjutan selama tiga bulan yakni Juli-September dengan besaran Rp300 ribu perbulan untuk setiap penerima, sembari menunggu turunnya Peraturan Bupati (Perbup) terkait hal tersebut.

“Jangan sampai ada Pekon yang tidak menganggarkan, karena jelas itu akan ada sanksi-nya dari Pemerintah Pusat. Dikhawatirkan nanti berdampak pada Pekon itu sendiri,” jelasnya.

Masih kata dia, dalam pelaksanaan BLT-DD lanjutan tersebut prosesnya sama dengan BLT-DD pada April-Juni sebelumnya untuk penanganan dampak wabah Covid-19 terhadap masyarakat tersebut. Mulai dari penentuan sasaran calon penerima, validasi calon penerima hingga musyawarah penetapan calon penerima BLT-DD.

“Kita berharap semua tidak ada kendala, sehingga kedepannya semua BLT-DD lanjutan itu terealisasi sesuai harapan bersama,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait