Pelabuhan Perikanan Akan Diperluas

  • Whatsapp

Medialampung.co.idPelabuhan Perikanan milik Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) di seputaran pelabuhan Kuala Stabas, Kecamatan Pesisir Tengah, selain akan dilakukan normalisasi juga akan diperluas agar semua perahu nelayan di wilayah itu bisa tertampung.

Kepala Dinas Perikanan Pesbar, Armen Qodar, S.P, M.M., mengatakan, pelabuhan perikanan milik Pemkab Pesbar itu kondisinya saat ini sudah cukup sempit dan tidak bisa menampung keseluruhan perahu nelayan di Kecamatan Pesisir Tengah terutama nelayan di sekitar Kuala Stabas.

“Karena itu, sebagian nelayan di wilayah Pesisir Tengah ini masih memanfaatkan pelabuhan Kuala Stabas yang dikelola Kementerian Perhubungan untuk menambatkan perahunya,” katanya, Kamis (31/10).

Di wilayah itu, kata dia, ada ratusan perahu nelayan yang ditambatkan di pelabuhan Kuala Stabas, nelayan hingga menambatkan perahunya di pinggiran pantai disekitar Kuala Stabas. Kondisi tersebut menimbulkan kendala bagi nelayan, karena itu harus segera ditangani salah satunya penataan pelabuhan perikanan di wilayah Pesisir Tengah itu.

“Saat ini kita masih dalam tahap perencanaan untuk normalisasi pelabuhan perikanan yang kini sudah mengalami pendangkalan akibat lumpur sungai, karena pelabuhan berada tepat di muara sungai, dan rencananya akan ada perluasan juga,” jelasnya.

Armen mengatakan, jika kondisi pelabuhan perikanan nelayan di wilayah  itu tertata dengan baik, kedepan bangunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) ditempat itu juga akan difungsikan. Sebab selama ini bangunan TPI belum pernah berfungsi dengan maksimal. Sedangkan, untuk pelaksanaan perluasan pelabuhan perikanan itu masih menunggu kondisi anggaran yang ada.

“Kita juga akan tetap mengajukan ke pusat rencana perluasan pelabuhan perikanan nelayan itu. Karena perluasan pelabuhan perikanan itu membutuhkan anggaran cukup besar. Mudah-mudahan saja bisa terealisasi,” pungkasnya. (yan/d1n/mlo)



Pos terkait