Pelaksanaan Shalat Idul Adha Di Pekon Sumberalam Terapkan Prokes Ketat

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Protokol Kesehatan (Prokes) menjadi salah satu penerapan yang dijalankan warga dalam menjalankan ibadah shalat Idul Adha 1442 Hijirah dimasa pandemi Covid-19, dan Perlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. 

Seperti terpantau di Pekon Sumberalam, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat, Satgas Covid-19 pekon setempat bersama relawan, dan pengurus masjid memberlakukan penerapan protokol dengan begitu ketat kepada seluruh warga yang melaksanakan shalat Ied di masjid.

Bacaan Lainnya

Meskipun diketahui Pekon Sumberalam masuk zona hijau, namun bukan alasan bagi Peratin Sumberalam Husain menginstruksikan pengetatan prokes, semua jamaah yang masuk diberikan pemeriksaan suhu tubuh menggunakan (thermogun) dan wajib gunakan masker, membawa sajadah dan menjaga jarak. Selain itu larangan untuk membawa anak kecil. 

Dari data aparatur pekon, melalui Kasi Pemberdayaan Purwasih mendampingi peratin Husain, pelaksanaan shalat dipecah dan dihelat di tiga masjid, yakni di masjid induk Nurul Amal, dengan imam H Nurhasan, dan Khotib M Suluri. Di masjid itu warga yang melaksanakan qurban kambing sebanyak 15 ekor.

Sementara di Masjid AT-Taqwa, Imam Ustad Sulaiman, Khotib Rokim, dengan jumlah qurban enam ekor kambing, dan di masjid Al-Hikmah,  imam Ustad Zaenuri,  Khotib Nur Bakri, warga yang melakukan qurban Satu ekor sapi. Lima ekor kambing.

Dikonfirmasi, Peratin Husain yang juga Ketua DPK Asosiasi Perangkat Desa Indonesia (Apdesi) Kecamatan Airhitam mengucapkan terimakasih atas nama satgas Covid-19 Pekon Sumberalam kepada seluruh personil satgas dan relawan Covid-19 pekon bersama pihak kecamatan, puskesmas, babinsa, bhabinkamtibmas, hingga bidan dan perawat pekon, yang telah menjalankan tugas untuk masyarakat khusyuk dalam beribadah. 

“Kepada seluruh warga dan jamaah saya juga mohon maaf apabila ada yang merasa kurang nyaman atau terganggu atas kehadiran satgas Covid-19 pekon di depan masjid dan mengawal pelaksanaan pemotongan kurban. Kami semua melakukan perintah bapak bupati Lampung Barat Hi Parosil Mabsus agar jangan terlena dan harus selalu semangat melaksanakan tugas sebagai pemerintah pekon dan sebagai satgas Covid-19 pekon,” ungkapnya.

Dan atas nama keluarga besar pemerintahan Pekon Sumberalam Husain menyampaikan mohon maaf lahir dan batin. Selamat menjalankan hari raya Idul Adha. (r1n/mlo)


Pos terkait