Pelayanan Perikat Ratu Kembali Digelar di Ulubelu

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tanggamus telah menyelesaikan pelayanan perizinan di tengah masyarakat Kecamatan Gisting.

Program ini bernama pelayanan di tengah masyarakat yang ramah amanah, tegas dan unggul (Perikat Ratu).

Bacaan Lainnya

Menurut Sekretaris DPMPTSP Tanggamus, Adi Gunawan, Perikat Ratu di Kecamatan Gisting berlangsung sejak tanggal 8 Juni hingga 17 Juni 2021 yang dipecah dalam dua pekan dengan masing-masing empat hari, sejak Selasa sampai Jumat, sehingga totalnya delapan hari.

“Dalam pelayanan itu telah terselesaikan IMB sebanyak 63 berkas, izin usaha 36 berkas dan total PAD yang didapat dari tarif pembuatan semua ini sebesar Rp 36,827 juta lebih,” kata Adi Gunawan mewakili Plt Kepala DPMPTSP Jonsen Vanisa, Minggu (20/6).

Perikat Ratu mulai dijalankan dalam tahun ini, tujuannya untuk meningkatkan kepemilikan izin dari masyarakat. Semua izin dilayani dalam kegiatan ini, seperti yang paling dasar adalah izin mendirikan bangunan (IMB), selanjutnya berbagai izin usaha. 

“Kami menjalankan Perikat Ratu agar masyarakat juga mudah dan hemat membuat perizinan. Ini juga merupakan bagian dari 55 Aksi bupati dan wakil bupati Tanggamus dan hasilnya itu direspon masyarakat dengan mau datang untuk membuat perizinan,” terang Gunawan.  

Ia mengaku, dari pengalaman selama ini masyarakat enggan datang ke kantor untuk membuat perizinan. Alasannya beragam, seperti sibuk, tempatnya jauh, perlu waktu dan lainnya. 

“Akhirnya kami jemput bola datangi masyarakat, sehingga mereka bisa sempatkan waktu datang ke lokasi pelayanan. Waktunya juga singkat dari waktu perjalanan sampai waktu izin terbit,” ujar Gunawan.

Ia menambahkan, dalam pelayanan keliling sertifikat langsung jadi, asalkan persyaratan lengkap. Apabila belum maka dilengkapi dahulu.”Dari terselenggaranya pelayanan di Gisting, kami terimakasih kepada Camat Gisting beserta jajarannya. Semoga kegiatan ini bisa  bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat pelaku usaha dan UMKM di Gisting,” ucap Adi Gunawan.

Untuk selanjutnya, DPMPTSP akan menggelar Perikat Ratu di Kecamatan Ulu Belu, pada 22 sampai 24 Juni dan 29 hingga 1 Juli mendatang.(ehl/rnn/mlo)




Pos terkait