Pelestarian Cagar Budaya Tanggungjawab Bersama

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemkab Lampung Barat, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menggelar Fasilitasi dan Sosialisasi Pelestarian Cagar Budaya tahun 2019, yang dihadiri oleh seluruh Camat, Lurah dan Peratin se-kabupaten setempat, di Gedung Serba Guna (GSG) Ratu Piekulun RSUD Alimuddin Umar, Rabun (31/7).

Kegiatan tersebut, dihadiri pemateri I Made Giri Gunadi, S.S, M.Si (Pamong Budaya UPTD Museum Negeri Ruwa Jurai Provinsi Lampung) dan Arman AZ, (Peneliti dan Pemerhati Sejarah Lampung), dan dibuka secara resmi oleh Ahmad Syukri, S.Pd., Sekretaris Disdikbud Lambar.

Bacaan Lainnya



Ahmad Syukri, didampingi Kabid Kebudayaan Riyadi Andriyanto mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan kepada Aparatur Pemerintah khususnya Para Camat, Lurah dan Peratin yang ada di Lambar tentang Undang – Undang RI No. 11/2010 tentang Cagar Budaya.

”Untuk materi yang disampaikan dalam sosialisasi tersebut yakni materi Pengenalan, Pelestarian, Penetapan Cagar Budaya, sehingga harapan kami mereka (Camat dan Peratin) mampu mensosialisasikan ke masyarakat di masing-masing wilayah tugasnya,” ungkap Ahmad Syukri.

Dikatakannya, upaya sosialisasi UU RI No. 11/2010 tentang Cagar Budaya merupakan suatu kewajiban agar setiap tindakan pengerusakan cagar budaya terjadi di Lambar dapat dicegah, terklebih di Lambar sendiri banyak cagar budaya yang harus dilestarikan secara bersama-sama.

Sosialisasi tentang Cagar Budaya dimaksudkan untuk memberikan pengenalan, wawasan, serta kesadaran kepada masyarakat tentang arti pentingnya perlindungan dan pelestarian peninggalan budaya guna mencegah tindakan pencurian, pengrusakan, serta vandalisme terhadap Benda Cagar Budaya (BCB).

“Kegiatan ini sekaligus menanamkan rasa tanggung jawab masyarakat untuk bersama pemerintah ikut melindungi dan melestarikan BCB. Karena dengan adanya UU No. 11/2010 ini diharapkan situs-situs sejarah yang ada ini bisa terlindungi dan terawat keasliannya dengan baik agar bisa dinikmati oleh generasi penerus kita,” imbuhnya.(nop/mlo)



Pos terkait