Pelitajaya Mulai Data SDGs Desa Tahun 2021

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pekon Pelitajaya Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mulai melakukan pendataan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa tahun 2021, melalui kelompok kerja (Pokja) relawan pendataan SDGs Desa tahun 2021.

Pokja tersebut juga berdasarkan Permendes PDTT No.21/2020 tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pokja Relawan Pendataan Desa itu mencakup Pembina (Peratin), Ketua (Juru Tulis/Sekdes), Sekretaris (Kasi Pemerintahan).

Bacaan Lainnya

Sedangkan, untuk anggotanya meliputi unsur Perangkat Pekon, Pemangku, unsur Karang Taruna, unsur PKK, unsur masyarakat yang bersedia menjadi relawan pendata dan mahasiswa yang berada di Pekon.

Peratin Pelitajaya, Wawan Ardi Saputra, S.H., mengatakan bahwa pendataan SDGs Desa Tahun 2021 harusnya sudah dilaksanakan, namun karena terkendala persiapan, sehingga baru bisa dilaksanakan saat ini.

Karena itu pihaknya berharap dalam pendataan SDGs Desa tahun 2021, termasuk pendataan pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) di Pekon Pelitajaya ini bisa secepatnya rampung dan tidak terkendala.

“Pendataan yang dilaksanakan ini dilakukan secara detail dan lebih mikro, dan nantinya bisa memberikan informasi luas tentang Pekon, sehingga kedepan dari pendataan itu juga bisa menjadi salah satu dasar untuk pengalokasian dana desa oleh Pemerintah Pusat,” katanya, Selasa (11/5).

Untuk itu, kata dia, pihaknya berharap kepada   masyarakat Pekon setempat untuk dapat mendukung kegiatan pendataan SDGs tersebut, karena ini juga untuk kepentingan pembangunan dan kemajuan Pekon.

“Dengan adanya pendataan ini mudah-mudahan bisa mendapat data yang akurat sesuai dengan kondisi yang ada di Pekon setempat,” tandasnya.(yan/mlo)


Pos terkait