Pelitajaya Serahkan BLT-DD Periode Januari 2021

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Pekon Pelitajaya Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun 2021 untuk periode Januari yang diserahkan kepada 41 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Balai Pekon setempat, Kamis (10/6).

Peratin Pekon Pelitajaya, Wawan Ardi Saputra, S.H., mengatakan untuk penyerahan BLT-DD bulan Januari yang baru dibagikan itu karena sesuai dengan tahapan pencairan dana desa. Sehingga, penyalurannya mengalami keterlambatan. Meski begitu pihaknya berharap agar masyarakat penerima bantuan sosial BLT-DD ini dapat memanfaatkan bantuan itu dengan baik. Sedangkan, untuk besaran BLT-DD itu dengan besaran Rp300 ribu perbulan untuk setiap KPM selama 12 bulan.

Bacaan Lainnya

“Ada 41 KPM yang menerima BLT-DD di Pekon Pelitajaya ini sebelumnya telah melalui berbagai proses tahapan verifikasi dan validasi yang ditetapkan bersama dalam musyawarah khusus desa (Musdesus),” kata dia.

Sehingga, kata dia, KPM tersebut merupakan hasil seleksi yang memang benar-benar valid dengan kondisi dilapangan. Karena di tahun 2021 ini data penerima BLT-DD harus benar-benar valid dan sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat. Untuk itu, Pemerintah Pekon Pelitajaya ini sangat berharap BLT-DD yang telah dimulai penyalurannya itu agar digunakan sesuai dengan harapan Pemerintah untuk membantu KPM itu sendiri terutama dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Karena secara tidak langsung BLT-DD yang disalurkan itu bisa mendukung pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi terutama di lingkup Pekon dalam kondisi ditengah pandemi Covid-19 saat ini,” jelasnya.

Sementara itu, masih kata dia, untuk penyaluran BLT-DD bulan Februari hingga Mei, bahkan Juni 2021 ini belum bisa dipastikan kembali. Karena dalam penyaluran BLT-DD biasanya dilakukan setelah adanya pencairan dana desa tahap berikutnya, seperti pada pencairan tahap II nanti. Meski begitu pihaknya berharap masyarakat tetap bersabar untuk menunggu pencairan BLT-DD tahap berikutnya.

“Dalam penyaluran BLT-DD yang dilakukan secara bertahap tentu diharapkan tidak terkendala hingga selesai pelaksanaannya di tahun 2021 ini,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait