Pemasangan APK Paslon Harus Sesuai Desain

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mengimbau seluruh pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Kabupaten Pesbar peserta Pilkada serentak 2020, untuk memasang Alat Peraga Kampanye (APK) yang disiapkan paslon harus sesuai dengan desain yang diserahkan ke KPU Pesbar.

Komisioner KPU Pesbar Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM, Zairi Opani, mengatakan jika ada paslon yang memasang APK dan bahan kampanye diluar dari desain paslon yang diserahkan ke KPU Pesbar itu melanggar aturan yang berlaku.

Bacaan Lainnya



“Selama masa kampanye ini semua paslon sudah bisa memasang sendiri APK-nya selain yang akan difasilitasi oleh KPU Pesbar nanti. Tapi Itu harus sesuai dengan desain yang diserahkan ke KPU Pesbar,” katanya, Senin (5/10).

Dijelaskannya, untuk APK dan bahan kampanye seluruh paslon yang difasilitasi oleh KPU Pesbar itu hingga kini masih dalam proses pencetakan, dirinya berharap dalam waktu dekat sudah direalisasikan. Karena setelah semua APK dan bahan kampanye paslon selesai dicetak, akan diserahkan oleh KPU Pesbar ke masing-masing Liaison Officer (LO) paslon yang disaksikan oleh Bawaslu setempat sekaligus penandatangan berita acara penyerahan.

“Semua APK dan bahan kampanye yang difasilitasi KPU Pesbar itu semua desainnya dari masing-masing paslon, sehingga jika ada yang memasang APK tidak sesuai desain paslon, jelas itu pelanggaran,” ujarnya.

Masih kata dia, KPU Pesbar juga telah menyampaikan bahwa APK dan bahan kampanye paslon termasuk lokasi pemasangan APK. Jumlah APK yang difasilitasi oleh KPU Pesbar antara lain Baliho sejumlah lima buah per paslon, 165 buah umbul-umbul, dan 118 buah spanduk per paslon.

“Sedangkan untuk bahan kampanye yang difasilitasi terdiri dari poster, pamflet, brosur, selebaran sebanyak 10 ribu lembar untuk setiap paslon dari setiap bahan kampanye,” jelasnya.

Selain itu, APK yang diadakan oleh paslon dapat dicetak dan dipasang paling banyak 200 persen, serta untuk bahan kampanye paling banyak 100 persen dari jumlah yang telah ditetapkan KPU Pesbar. Kemudian, lokasi pemasangan APK dan bahan kampanye masing-masing paslon dilakukan di 11 Kecamatan dengan lokasi di semua tempat diperbolehkan.

“Terkecuali tempat ibadah, pohon, tiang listrik, fasilitas umum seperti fasilitas sekolah, Puskesmas, kantor Pemerintahan dan sebagainya,” tandasnya. (yan/d1n/mlo)



Pos terkait