Pembangunan Akses Jalan, Pekon Giham Fokus untuk Kelancaran Aktifitas Warga

  • Whatsapp
Bangunan Rabat Beton Dana Desa Pokon Giham Terlihat Kokoh dan Mulai Difunsikan Warga

Medialampung.co.id – Dengan memiliki wilayah luas, menjadi modal lebih Pekon Giham Sukamaju, Kecamatan Sekincau, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) untuk terus berupaya menuju pemukiman yang maju dan mandiri.

Sebagai upaya dalam mewujudkan harapan tersebut, pemerintahan pekon, menyikapinya dengan terus melakukan berbagai program, diantaranya bidang pembangunan akses transportasi yang menjadi motor penggerak roda ekonomi masyarakat. 

Bacaan Lainnya

Seperti yang kini menjadi salah satu target, yakni pembangunan secara berkesinambungan, akses jalan penghubung antar pemangku dari Pemangku I ke Pemangku IV Gihambaru.

Dimana pada, Tahun Anggaran (TA) 2020, jalur itu diberikan pembangunan lanjutan rabat beton (Cor Kaku) sepanjang 300 meter, dengan lebar Dua meter. Dan ketebalan Lima Belas Centimeter (300 X 2 X 0,15 M). 

Peratin Hermanto mengatakan jalur tersebut menjadi jalan tembus ke dua lokasi berbeda, pertama ke ruas jalan nasional (lintas barat), dan jalan tembus ke Pemangku 4 Gihambaru.

Dan sepanjang ruas itu bakal menjadi perluasan pemukiman masyarakat yang saat ini masih berupa perkebunan kopi warga. 

“Kami masukan ruas tersebut dalam RPJM dan jangka panjang, lantaran volume ruas seperti yang belum tersentuh pembangunan sepanjang 2000 meter,” terangnya. 

Atas nama pemerintahan pekon, Hermanto memberikan apresiasi kepada warga yang telah menghibahkan lahan menjadi badan jalan tersebut.

“Berkat dukungan penuh warga, dengan menghibahkan lahan, menjadi faktor utama terealisasi pembangunan yang kami anggarkan dari Dana Desa,” ujarnya.

Sementara dikatakan Tamek, warga setempat. Dalam pembangunan rabat beton itu, warga setempat  termasuk dirinya turut diberdayakan dalam pengerjaan.

“Alhamdulilah selain diberikan bangunan jalan, saat pengerjaan kami warga juga diberdayakan sebagai pekerja,” ungkapnya.  

Diakuinya dengan telah dibangunnya akses jalan di lokasi itu, memberikan dampak yang luar biasa bagi masyarakat, seperti semakin mudahnya akses kenderaan.

“Dengan pembangunan rabat tersebut aktifitas kami semakin lancar. Bahkan  kini lahan-lahan yang masih berupa kopi akan menjadi bakal bangunan pemukiman masyarakat yang strategis banguna, karena letaknya dekat dengan jalan nasional,” katanya. 

Mewakili para warga Tamek menyampaikan terimakasih kepada pekon yang telah memberikan pembangunan akses jalan lingkar pemangku tersebut. “Alhamdulilah melalui Anggaran Dana Desa (ADD) jalan kami yang selama ini masih tanah kini sudah beton dan semakin memberikan kemudahan kami dalam akses transportasi,” ungkapnya. (r1n/mlo)


Pos terkait