Pembangunan Balai Rakyat Senilai Rp250 Juta Dimulai 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pembangunan balai rakyat dengan total alokasi anggaran sebesar Rp250 Juta yang dibangun Pemerintah Pekon Pajaragung, Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat mulai tahap pengerjaan.

Dimulai pembangunan itu ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Camat Belalau Sri Handayani, S.H, didampingi Sekcam Romuzi, S.I.P, Pendamping Desa, Azwan serta jajaran aparatur pemerintahan pekon setempat, Selasa (25/8).

Dalam sambutannya, Sri Handayani berharap dengan mulai pelaksanaan pembangunan balai rakyat tersebut, selama  tahapan pengerjaannya diharapkan dapat berjalan sesuai dengan rencana serta diberi kelancaran pekerjaan dan waktu pelaksanaan. 

“Saat ini memang seluruh pekon harus memiliki balai rakyat, sebagai sarana prasarana untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan tentunya sebagai suatu kebutuhan bagi aparatur pekon dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai pelayanan masyarakat,” ungkap Sri. 

Sementar, Pj Peratin Pajaragung Sapit Alpian, S.H, mengungkapkan bahwa selama ini pihaknya masih menggunakan balai pekon yang bersifat menumpang, untuk itu, berdasarkan skala prioritas maka di 2020 pihaknya merealisasikan pembangunan tersebut. 

“Dengan terealisasinya pembangunan balai rakyat besar harapan kita semua agar seluruh aparatur pekon dapat menjalankan tugas dengan maksimal. Anggaran yang kita alokasikan sebesar Rp250 juta, namun dalam realisasinya untuk tahun ini kita sesuaikan dengan ketersediaan anggaran,” jelasnya.

Lebih lanjut ia memaparkan bahwa, diprioritaskannya salah satu fasilitas pekon tersebut berdasarkan hasil musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) pekon tahun 2019. Sesuai fungsinya, selain sebagai tempat terselenggaranya pelayanan, gedung itu juga dapat difungsikan untuk mendukung kegiatan kemasyarakatan.

“Akan ada banyak manfaat, selain untuk berbagai kegiatan pelayanan balai ini juga dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan publik, harapan kami manfaat program bisa dirasakan langsung oleh masyarakat,” imbuhnya.

Diakuinya, adanya program dana desa (DD) yang digulirkan pemerintah pusat dapat meningkatkan pembangunan, perekonomian serta kesejahteraan warga di tingkat pekon. Ia berharap program seperti ini bisa terus berjalan kedepannya.

“Tentu sangat membantu, contohnya seperti Pekon Pajaragung yang tadinya tidak punya kantor pelayanan tahun ini bisa kita realisasikan, dan besar harapan kami program ini dapat terus digulirkan oleh pemerintah,” harapnya.(edi/mlo)



Pos terkait