Pembangunan Dua dari Tiga Rumdis Puskesmas Selesai

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pembangunan dua dari tiga rumah dinas (Rumdis) Puskesmas di Kabupaten Lampung Barat, yang dibangun bersumber Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2021 telah selesai 100% dan memasuki tahapan Serah Terima Pertama atau Provisional Hand Over (PHO) pada Kamis (7/10).

Kedua proyek pembangunan Rumdis yang telah selesai 100% tersebut yakni Rumdis paket 1 dan 2 di Puskesmas Kenali yang dilaksanakan oleh dua rekanan berbeda. Sementara satu unit Rumdis di Puskesmas Batubrak baru 85% dan dilakukan addendum perpanjangan waktu kontrak.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lambar dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B., didampingi Kabid Sumberdaya Kesehatan (SDK) Wasis Supriyadi, S.T, M.Ak., usai melakukan peninjauan langsung hasil pembangunan Rumdis di Puskesmas Kenali mengungkapkan, untuk dua unit Rumdis di Puskesmas Kenali sudah selesai dan dalam tahap PHO. 

”Untuk dua Rumdis di Puskesmas Kenali pekerjaan fisiknya sudah 100% dan untuk realisasi keuangannya baru uang muka 25%. Berdasarkan hasil pemeriksaan memang ada beberapa catatan dan itu langsung dilengkapi oleh pihak rekanan,” ungkapnya.

Sementara itu, terkait dengan pembangunan satu unit Rumdis di Puskesmas Batubrak saat ini baru 85% sehingga dilakukan addendum perpanjangan kontrak sampai akhir Oktober mendatang, kendala dalam pembangunannya yakni terkait dengan permasalahan lahan.

”Alasan Karena perubahan lokasi, bukan karena sengketa lahan dimana rencana awal pas di belakang puskesmas, dan sekarang pindah tetap di belakang puskes tetapi agak mepet pagar paling belakang,” jelasnya.

Dijelaskan, pembangunan tiga unit Rumdis Puskesmas tersebut bersumber DAK tahun anggaran 2020 dengan anggaran total sebesar Rp990 juta. Masing-masing rumah dinas anggarannya sebesar Rp330 juta.

Dengan dibangunannya tiga rumah dinas tersebut, kata dia, maka diharapkan mampu meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Nantinya rumah dinas yang dibangun itu akan ditempati oleh dokter yang bertugas di dua puskesmas tersebut.

”Insya Allah pembangunannya tidak ada kendala sehingga akhir tahun ini ketiga rumah dinas tersebut bisa ditempati, terlebih untuk rumah dinas menjadi salah satu fasilitas penunjang yang diharapkan selama ini,” pungkasnya. (nop/mlo)


Pos terkait