Pembangunan Kantor Bupati dan OPD Pesbar Masih Berlangsung

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pelaksanaan pembangunan gedung kantor Bupati Pesisir Barat (Pesbar) dan Organisasi perangkat daerah (OPD), yang berada di Kelurahan Pasar Krui, Kecamatan Pesisir Tengah hingga kini masih berlangsung.

Hal itu diungkapkan Bupati Pesbar Dr. Drs. Hi. Agus Istiqlal, S.H, M.H., dalam rapat paripurna DPRD Pesbar dengan agenda jawaban pemerintah atas pandangan fraksi dalam nota pengantar Ranperda Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2020, Selasa (29/6).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, pelaksanaan pembangunan gedung kantor Bupati dan OPD itu dibagi dalam dua tahap, dimana tahap pertama telah selesai dilaksanakan dan kini  telah memasuki tahap kedua.

“Pada tahap pertama pembangunan gedung kantor bupati dan OPD dengan waktu pelaksanaan tahun 2016 hingga tahun 2019 telah menggunakan anggaran hingga Rp155 miliar,” kata dia.

Dijelaskannya, dalam pelaksanaan pembangunan gedung kantor Bupati dan OPD tahap satu itu telah mencapai 100 % sesuai dengan kontrak kerja yang dilakukan dengan rekanan.

“Tahap satu telah selesai dilaksanakan sesuai dengan kontrak kerja yang dilakukan dengan pihak rekanan selama tiga tahun pelaksanaan pembangunan fisik gedung tersebut,” jelasnya.

Ditambahkannya, pada tahap kedua dengan rentang waktu tahun 2019 hingga tahun 2021, kini realisasi fisiknya sudah mencapai 57 %, dengan nilai kontrak tahap kedua itu mencapai Rp191 miliar.

“Dari nilai kontrak tersebut, realisasi keuangan telah mencapai Rp85 miliar, atau sebesar 45 % dari nilai anggaran pembangunan gedung kantor bupati tahap dua tersebut,” terangnya.

Selain itu, dirinya menyampaikan bahwa kebutuhan kedepannya berupa tambahan infrastruktur pelengkap seperti taman dan parkir dengan perkiraan anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp20 miliar.

“Selain pembangunan gedung, pembangunan taman dan lahan parkir juga menjadi agenda pembangunan komplek kantor bupati dan OPD itu, karena itu masih diperlukan anggaran hingga Rp20 miliar untuk merealisasikannya,” tandasnya. (ygi/d1n/mlo)


Pos terkait