Pembangunan KRL Habiskan Dana Rp40 Miliar 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pembangunan Kebun Raya Liwa (KRL) di Kabupaten Lambar hampir menghabiskan dana sebesar Rp40 miliar lebih.

“Sejak dibangun tahun 2016 hingga saat ini anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan KRL sekitar Rp40 miliar, baik bersumber dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), LIPI dan Pemkab Lambar,” ungkap Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Ir. Noviardi Kuswan di Ruang Kerjanya, Senin (6/7)  

Bacaan Lainnya



Kata dia, sesuai dengan roadmap untuk pembangunan fisik KRL membutuhkan dana sekitar Rp185 miliar namun baru direalisasikan sekitar Rp40 miliar.

“Tahun ini awalnya akan dikucurkan dana sekitar Rp2 miliar untuk pembangunan fisik di Kebun Raya Liwa baik bersumber dari pemerintah pusat maupun pemerintah Provinsi Lampung namun karena adanya wabah Covid-19 maka tidak jadi sehingga untuk tahun ini kegiatan fisik dari pemerintah pusat dan Pemprov tidak ada. Kalau dari APBD Lambar ada untuk pembangunan jalan jalur sepeda yang nantinya bisa juga difungsikan untuk ATV dan juga jalan patrol,” kata dia.  

Lanjut dia, sejumlah kegiatan fisik yang telah dilaksanakan di Kebun Raya Liwa, antara lain pembangunan pagar, jalan lingkungan, gedung pusat informasi dan ticketing, zona bermain anak, parkis bus, plaza penerima dan lain-lain.

“Untuk mendukung pembangunan Kebun Raya Liwa tersebut, kita (pemerintah daerah) setiap tahun berupaya mengusulkan anggaran kepada pemerintah pusat dan pemerintah provinsi,” pungkas Noviardi. (lus/mlo)



Pos terkait