Pembangunan Mapolres Pesbar, Pemkab Kumpulkan Pemilik Lahan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) Melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) mengadakan sosialisasi pengadaan tanah untuk lahan Markas Kepolisian Resort (Mapolres) Pesisir Barat di ruang Cukuh Tangkil, Selasa (22/6).

Hadir dalam kegiatan tersebut Plt. Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Audi Marpi, MM, Kadis PRKP Ir. Armand Achyuni, Peratin Pekon Sukajadi Bazargan dan masyarakat pemilik lahan calon lokasi pembangunan Mapolres Pesbar.

Bacaan Lainnya

Dalam arahannya Audi Marpi yang merupakan ketua tim pengadaan tanah kantor Mapolres Pesisir Barat mengatakan seiring dengan berjalan waktu saat ini Kabupaten Pesbar sudah mempunyai Kantor Pemda, pengadilan, imigrasi dan sebentar lagi akan ada kantor Kepolisian di Kabupaten Pesisir Barat.

“Dinas PRKP yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan pengadaan tanah sebagai lokasi pembangunan Mapolres Pesisir Barat kedepannya, dimana saat ini ditetapkan di Pekon Sukajadi, Kecamatan Krui Selatan,” kata dia.

Dijelaskannya, lokasi lahan memang sudah beberapa kali ditinjau oleh Mapolres Lambar dan Polda Lampung yang kemungkinan lokasi kantor kepolisian tidak jauh dari area perkantoran Pemkab Pesbar.

“Lahan yang kita siapkan sebagai lokasi pembangunan Mapolres Pesbar itu sudah beberapa kali ditinjau oleh Polres Lambar dan Polda Lampung, dari sejumlah tempat yang kita ajukan mereka lebih condong ke lahan yang berada di Pekon Sukajadi itu,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Audi Marpi juga meminta pemilik lahan agar memberikan data yang jelas terkait status lahan yang akan dijadikan sebagai lokasi pembangunan mapolres itu, sehingga kedepannya tidak terjadi sengketa.

“Lahan yang saat ini masih dimiliki warga agar kita bebaskan, berapa nilainya nanti akan dihitung oleh tim apraisal, sehingga bisa diketahui berapa nilai untuk masing-masing lahan itu, selain itu kita berharap jangan sampai ada tanah yang akan menjadi sengketa nantinya,” ujarnya.

Sementara itu Kadus PRKP Armand Achyuni menyampaikan tujuan mengundang masyarakat pemilik lahan untuk mensosialisasikan rencana pengadaan tanah untuk Kantor Kepolisian Pesisir Barat.

“Luasan lahan yang sudah dihitung sementara kurang lebih 49,048 meter persegi yang berada di Pekon Sukajadi Kecamatan Krui Selatan dan ada 11 pemilik lahan.

Setelah sosialisasi ini nanti akan ada pengukuran dari BPN untuk menentukan batas-batas tanah, yang akan menjadi dasar luasan tanah pemilik tanah,” singkatnya.(ygi/mlo)




Pos terkait