Pembangunan Replika Istana Negara di Lampura Lebih Cepat Dari Target

  • Whatsapp

Mediaampung.co.id – Pembangunan Balai sekaligus Kantor Desa Cempaka, Kecamatan Sungkai Jaya sempat viral karena satu-satunya menyerupai Istana Negara di Jawa Barat lebih cepat dari target pelaksana. 

Pasalnya, pelaksanaan yang sebelumnya dipastikan selesai tahun depan sampai dua tahun kedepan itu dapat dirampungkan.

Bacaan Lainnya


Hal itu tampak saat serah terima pekerjaan di Tahun Anggaran 2020 di kantor desa setempat, pada Senin (23/11), yang dihadiri unsur uspika kecamatan dan Staf Ahli Kabupaten.

“Alhamdulillah siang tadi telah diserah terima, dari TPK kepada kepala desa dan Ketua BPD desa kita cintai ini,” kata Kepala Desa Cempaka, Rizki Puspa Dewi.

Meski diwacanakan selesai pada tahun, namun menurutnya, berkat kegigihan dan kerja sama seluruh elemen. Demi mewujudkan cita-cita mulia, memiliki gedung menyerupai istana negara di Bogor, Jawa Barat. 

Sehingga menjadi kebanggaan sendiri, tidak hanya bagi warga disana melainkan juga Kabupaten bahkan di Provinsi Lampung.

“Awalnya begitu, 2-3 tahun kita wacanakan. Alhamdulillah berkat kerja sama masyarakat dapat diselesaikan tahun ini juga. Serta berkat rahmat Allah, SWT,” terangnya.

Pihaknya berharap dengan selesainya pembangunan balai sekaligus kantor desa itu dapat menambah semangat masyarakat. Menjaga serta memperindah wilayah yang berada di pedesaan itu, sehingga meningkatkan minat warga dari lain berkunjung disana. Yang bermuara kepada peningkatan perekonomian penduduknya, sebab dapat menjadi aset desa.

“Jaga pembangunan ini, jangan sampai orang malas datang karena tidak terawat. Seperti sampah dan lainnya, kalau banyak yang datang masyarakat disini bisa usaha untuk menambah penghasilan keluarga. Yang berimbas pada peningkatan perekonomian disini,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kabupaten Lampura ternyata ada Gedung Istana Negara. Pasalnya di salah satu desa yang ada disana, menyulap balai desa menyerupai bentuk rumah jabatan Presiden-RI, Joko Widodo di Bogor, Jawa Barat.

Bangunan megah itu berada di desa Cempaka, Kecamatan Sungkai Jaya,  kini menjadi hingga mendapatkan perhatian masyarakat sekitar melihat bangunan menyerupai istana negara. Terdapat lambang burung garuda di atas gedung tersebut, seolah menggambarkan layak aslinya. Menurut Kepala Desa, Rizki Puspa Dewi sengaja mendesain bangunan tersebut, dengan tujuan memudahkan warganya. Agar tidak perlu jauh-jauh untuk pergi ke Pulau Jawa hanya melihat cukup datang ke desanya saja.

“Bangunan gedung tersebut kurang lebih menelan biaya Rp 394.881.500,- dana desa tahun 2020 dan tahun depan akan kita lanjutkan pembangunan Aula dan pagar. Target kita seperti Istana Presiden aslinya, meski pembangunan kita lakukan secara bertahap,” kata dia.

Menurut, pembangunan balai tersebut, membutuhkan setidaknya waktu 2 sampai 3 tahun. Dan mengaku kemegahan gedung istana negara yang sering dia lihat di televisi menjadi angan angannya, dan keinginan itu pun terwujud di desanya.(ozy/mlo)




Pos terkait