Pembangunan Water Treatment Plant Kecamatan Way Ratai Ditarget Selesai Tahun Ini

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan air bersih, pembangunan sarana prasarana water treatment plant (instalasi pengolahan air) di Kecamatan Way Ratai dengan kapasitas 20 liter per detik ditarget tahun ini selesai.

“Saat ini water treatment plant atau instalasi pengolahan air yang bersumber dari APBN melalui Dirjen Cipta Karya lagi dibangun di Kecamatan Way Ratai,” ungkap Direktur PDAM Pesawaran, Togatorop, Rabu (15/9).

Dikatakan, water treatment plant di Kecamatan Way Ratai diperkirakan mampu memenuhi kebutuhan sarana air bersih bagi sekitar 1800 pelanggan. Dimana desa dan wilayah yang kesulitan mendapat air bersih seperti di Desa Bunut Seberang dan desa lainnya dapat terpenuhi.

“Tentunya pembangunan water treatment plant ini untuk mendorong pembangunan sarana air bersih di Pesawaran,” ucapnya.

Selain di kecamatan Way Ratai, lanjut Togatorop, pengolahan air juga rencananya akan dibangun di Kecamatan Way Khilau pada 2022 mendatang dengan kapasitas 30 liter per detik. Dengan estimasi mampu memenuhi kebutuhan air bersih bagi sekitar 2400 pelanggan.

“Untuk air bakunya bersumber dari Desa Bayas nantinya. Kedepan untuk Teluk Pandan kita akan manfaatkan air baku dari Way Sabu, saat ini masih dalam pembahasan,” jelasnya.

Diakui Toga, PDAM Pesawaran dipercaya pusat menjadi PDAM percontohan dan menjadi mentor bagi kabupaten lainnya di Lampung. Dimana saat ini sistem pembayaran rekening air bagi pelanggan sudah menerapkan e-billing system.

“Saat ini pembayarannya sudah sistem online. Saat ini sudah ada 7000 lebih pelanggan di 7 kecamatan yakni Gedongtataan, Way Lima, Kedondong, Way Khilau, Way Ratai, Padangcermin dan Punduhpedada,” pungkasnya.(ozi/mlo)


Pos terkait