Pembobol Rumah Nekat Beraksi di Siang Bolong

  • Whatsapp
Rinduman saat menunjukkan lemari pakaian yang dirusak dan diacak-acak oleh pencuri yang menyatroni rumahnya pada Selasa siang (16/3)

Medialampung.co.id – Aksi pencurian modus bobol rumah yang sedang ditinggal penghuninya terjadi di Pekon Terbaya Kecamatan Kotaagung, Selasa (16/3).

Korbannya adalah Rinduman (59) warga Jl. Minak Jung No.061 RT.005/RW.004 Dusun Way Nabang Atas Pekon Terbaya Kecamatan Kotaagung.

Bacaan Lainnya

Menurut Rinduman kejadian rumahnya dibobol pencuri terjadi sekitar pukul 10.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Saat itu rumah dalam posisi kosong sebab, anggota keluarga lain pergi ke Pekon Wonosobo Kecamatan Wonosobo menghadiri acara takziah, sementara dirinya sejak pagi sudah pergi pekebun yang ada di Batu Balai Kecamatan Limau.

“Syahredi anak saya usai mengantar ibunya ke Wonosobo langsung pulang kerumah dan kaget kok pintu sudah terbuka, begitu juga lemari pakaian yang ada di kamar saya dan kamar ibu saya sudah terbuka dalam kondisi rusak dan acak-acakan,” kata Rindum—sapaan akrabnya.

Dilanjutkan Rindum, mengetahui rumah dibobol maling anaknya langsung mengabari  dirinya melalui telepon dan langsung menjemput keluarga lain yang sedang acara takziah.

Akibat kejadian pencurian tersebut, Rindum mengalami kerugian berupa kalung emas seberat 15 gram, cincin emas seberat 13 gram, cincin emas berlambang PLN seberat 10 gram, gelang emas seberat 30 gram, uang tunai Rp500 ribu dan kunci kontak motor Jupiter.

“Total kerugian kurang lebih sekitar Rp55 juta,” katanya.

Dilanjutkan Rindum bahwa pintu rumahnya bisa terbuka tanpa dirusak beda dengan pintu lemari yang dirusak.

“Ini yang buat saya bingung, pelaku bisa membuka pintu depan tanpa merusaknya,” kata dia.

Atas peristiwa tersebut, Rindum telah membuat laporan ke Polsek Kotaagung, laporan tersebut tertuang dalam Surat Tanda Penerimaan Laporan Nomor STPL/B-/36/III/2021/LPG/RES TGMS/SEK AGUNG.

“Anak saya yang membuat laporan ke Polsek Kotaagung. Anggota Polsek juga sudah melakukan olah TKP,” ujarnya.

Dirinya berharap agar pihak kepolisian dapat mengintensifkan patroli baik siang maupun malam, terlebih kejadian serupa dalam kurun satu bulan ini di wilayah Kotaagung sudah enam kasus.

“Kejadian di rumah saya ini kata pak polisi yang olah TKP sebelumnya juga terjadi, dalam satu bulan ini saja sudah enam kasus. Harapannya polisi dapat meningkatkan patroli dan semoga pencurian yang terjadi di Kotaagung segera terungkap,”harapnya.

Sementara Kapolsek Kotaagung AKP Muji Harjono saat dikonfirmasi membenarkan adanya peristiwa pencurian di Pekon Terbaya yang korbannya adalah Rinduman.

“Iya betul, anggota sudah melakukan olah TKP dan meminta keterangan dari saksi dan korban, saat ini masih dalam penyelidikan kami,”ujar Muji Harjono.

Dilanjutkan Muji bahwa pihaknya juga sudah mengintensifkan patroli, namun dirinya tetap mengimbau kepada warga untuk tetap meningkatkan kewaspadaan apalagi saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong tanpa penghuni.

“Kalau patroli rutin sudah kita laksanakan, tapi kalau rumah kosong yang ditinggal aktivitas pemiliknya itu yang tidak bisa kita prediksi, maka dari itu perlu kerjasama dengan seluruh lapisan masyarakat seperti meningkatkan kewaspadaan,” kata Muji.(ehl/rnn/mlo)

Pos terkait