Pemeriksaan Hewan Qurban Dimulai H-5

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disbunnak) Kabupaten Lampung Barat,  akan melakukan pemeriksaan terhadap hewan qurban menjelang hari raya Idul Adha 1441 Hijriah yang jatuh pada tanggal 31 Juli mendatang.

Pemeriksaan dilakukan dalam rangka memastikan bahwa hewan yang akan dijadikan qurban telah diperiksa (ante mortem) dan layak konsumsi. Untuk hewan qurban yang telah melewati pemeriksaan akan mendapat label sehat.

Bacaan Lainnya



Kepala Bidang Peternakan Alma’arif mendampingi Kepala Disbunnak Lambar Agustanto Basmar mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan SK pemeriksaan hewan qurban yang akan di mulai H-5 Lebaran Idul Adha.

“Pemeriksaan kesehatan terhadap hewan kurban ini sebenarnya sudah menjadi agenda tahunan Disbunnak, dengan tujuan untuk menghilangkan kekhawatiran masyarakat dalam mengkonsumsi daging yang tidak sehat,” ungkapnya. 

Terusnya, pelaksanaan pemeriksaan ini sendiri akan kami mulai tanggal 26-30 juli mendatang, kami menurunkan tim yang tersebar di 15 kecamatan yang ada di Lambar. 

“Pemeriksaan tidak hanya sebatas kesehatan fisik luar hewan qurban sebelum disembelih, setelah disembelih hewan juga akan dilakukan pemeriksaan. Setelah disembelih daging hewan qurban masih akan diperiksa, pemeriksaannya akan difokuskan pada pemeriksaan cacing pita dan cacing hati, mudah-mudahan nantinya tidak ditemukan kendala atau adanya daging hewan yang tidak layak konsumsi,” tutupnya. (nop/mlo)



Pos terkait