Pemerintah Pekon–LHP Tetapkan APBP Batukebayan Tahun 2021 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sebagai salah satu tahapan yang diawali dengan musyawarah di tingkat pemangku dan dilanjutkan dengan musrenbang pekon hingga penetapan rencana kerja pemerintah pekon (RKP).

Akhirnya, Pemerintah Pekon Batukebayan, Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat melaksanakan puncak kegiatan dengan menggelar musyawarah Penetapan Anggaran Pendapatan Belanja Pekon (APBP) Tahun 2021, Kamis (28/1).  

Bacaan Lainnya

Penetapan APBP yang akan menjadi dasar pemerintah pekon untuk menjalankan pelaksanaan program kerja di tahun 2021 itu dilaksanakan di balai pekon setempat.

Kegiatan dipimpin oleh Peratin Batukebayan Murtoyo beserta aparatur pekon dan diikuti oleh Lembaga Himpun Pemekonan (LHP), pemangku serta sejumlah tokoh masyarakat.  

Dalam arahannya, Peratin Murtoyo menuturkan bahwa pihaknya telah menjabarkan seluruh program kerja pemerintah pekon melalui penyerapan APBP Tahun 2021 senilai Rp1,2 Miliar lebih. Kegiatan ini, menjadi salah satu tahapan dalam rangka transparansi pengelolaan anggaran baik dana desa (DD) maupun alokasi dana pekon (ADP). 

“Mengingat penetapan APBP ini menjadi dasar kami untuk menjalankan kegiatan pemerintahan dalam satu tahun kedepan, maka masyarakat harus memahami program prioritas yang akan kita laksanakan, meski sudah final, namun nanti di bulan september atau oktober kita akan melakukan perubahan anggaran apabila ada ada hal-hal yang mendesak,” ungkap Murtoyo.

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa program kerja pemerintah pekon tahun 2021 akan menunjang berbagai bidang mulai dari pembangunan, kesehatan serta pendidikan. Selain itu, sesuai dengan prioritas dana desa di tahun 2021 pihaknya juga fokus dalam upaya penanggulangan wabah Covid-19 melalui penyaluran BLT-DD, pemulihan ekonomi serta yang tak kalah penting bersinergi dengan program pemerintah daerah.  

“Dengan ditetapkannya APBP tahun 2021 Kami berharap dukungan dari seluruh lapisan masyarakat untuk mensukseskan program kerja pemerintah pekon Batukebayan di tahun ini,” pungkasnya seraya menambahkan bahwa kegiatan itu dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan acara diakhiri dengan penandatanganan berita acara sebagai puncak acara penetapan APBP tahun 2021.(edi/mlo)




Pos terkait