Pemerintah Pekon Muarabaru Lakukan Persiapan Pelaporan Akhir Tahun 2020

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Minggu pertama Januari 2020, Aparat Pekon Muarabaru, Kecamatan Kebuntebu, disibukkan dengan melaksanakan persiapan pelaporan akhir tahun 2020.

Saat wartawan media ini berkunjung ke balai pekon setempat Selasa (5/1), meskipun baru dua hari masuk kerja pasca libur natal dan tahun baru (Nataru), aparat pekon mulai serius dengan tugas masing-masing.

Bacaan Lainnya


Peratin Sanan menyampaikan, persiapan laporan yang dilaksanakan diantaranya terkait Ikhtisar semester II, kemudian penyiapan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes), perubahan via Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) 2020. 

Selanjutnya juga persiapan Rencana Kerja Pekon (RKP), serta pembuatan draf APBDes 2021. “Insya Allah Rabu ini yang berkaitan dengan ikhtisar akan disampaikan ke Dinas PMP Lambar, sekaligus gus koordinasi APBDes 2021,” terangnya. 

Diulasnya juga, kegiatan tahun anggaran 2020 yang ditunda, hingga yang dipangkas karena terkena dampak pandemi Covid-19, menjadi prioritas tahun ini. Seperti dibidang kegiatan fisik pembangunan lanjutan akes transportasi berupa rabat beton usaha tani.

Disamping itu juga lanjutan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), yang prosedurnya saat ini akan disalurkan sebesar Rp300 ribu per-Keluarga Penerima Manfaat (KPM) selama Dua Belas Bulan.

“Untuk BLT-DD ini meski ketentuan jumlah bantuan dan lama penyaluran sudah ada, namun untuk jumlah penerima harus dimusyawarahkan dulu, untuk memastikan berapa jumlah KMP yang memang dinyatakan layak menerima BLT-DD,” jelasnya. 

Diakhir keterangannya Sanan menyampaikan tentunya semua yang sudah terencana dan terwacana, bisa saja mengalami perubahan dan hal itu juga akan dicantumkan dalam APBDes perubahan nantinya. (r1n/mlo)


Pos terkait