Pemerintah Pusat Salurkan BOS Rp35,490 Miliar

  • Whatsapp
Kepala Disdikbud Lambar Bulki Basri, S.Pd, M.M

Medialampung.co.id – Anggaran bantuan operasional sekolah (BOS) untuk Kabupaten Lambar yang dikucurkan oleh pemerintah pusat melalui Pemerintah Provinsi Lampung telah terealisasi Rp35,490 miliar lebih.

“Target dana BOS tahun ini sebesar Rp35,856 miliar lebih dan telah terealisasi sebesar Rp35,490 miliar atau 98,98 persen,” tegas Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Ir. Okmal, M.Si, Senin (1/11).

Bacaan Lainnya

Kata dia, setiap tahunnya Pemkab Lambar menargetkan pendapatan hibah dari dana BOS dan tahun ini pemerintah pusat telah merealisasikan sebesar Rp35,490 miliar lebih. 

“Untuk teknis penyalurannya ke sekolah itu ada di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,” kata dia 

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulki Basri, S.Pd, M.M mengatakan, pada akhir April lalu, ia telah menandatangani naskah perjanjian hibah (NPH) Bantuan Operasional Sekolah (BOS) reguler Pendidikan Dasar tahun 2021 bersama Kepala Disdikbud Kabupaten/Kota se-Lampung di Hotel Horison Bandarlampung.

Kata dia, penyaluran dana BOS reguler dilakukan secara bertahap dengan ketentuan yakni tahap I paling cepat bulan Januari sebesar 30 % dari pagu alokasi, tahap II paling cepat bulan April sebesar 40% dari pagu alokasi dan tahap III paling cepat bulan September sebesar 30% dari pagu alokasi. 

“Setiap siswa akan menerima dana BOS yaitu SD Rp940.000/siswa/tahun dan SMP Rp1.170.000/siswa/tahun. Untuk BOS tahap III sudah mulai cair,” pungkas dia. (lus/mlo)

Pos terkait