Pemilik Tambang Emas Ilegal Harus Ditangkap

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Penangkapan para penambang emas liar di Waykanan mendapat apresiasi dari berbagai pihak, sekaligus berharap hal itu bukan hanya Life service Semata melainkan benar-benar melakukan penegakan hukum yang adil dan merata tanpa tebang pilih, karena selama ini belum pernah terdengar melakukan penangkapan terhadap orang-orang yang menjadi otak yang memodali para penambang liar tersebut.

Sahdana, S.Pdi, salah satu tokoh masyarakat Waykanan mengungkapkan, emas dan batu mangan memang menjadi keunggulan kabupaten tersebut.

Bacaan Lainnya




Oleh karena itu, menurutnya, banyak warga kurang mampu yang memilih untuk menjadi penambang emas di sepanjang Sungai Umpu dengan menggunakan sekop dan dulang demi memenuhi kebutuhannya.

“Kebanyakan dari mereka yang ditangkap adalah para pekerja sementara yang punya tambang atau yang punya mesin sama sekali belum ada yang ditangkap, ini kan cukup miris karena mereka bekerja menambang emas itu untuk membiayai kehidupan mereka sehari-hari,” ujar Sahdana. 

“Jadi saya bukan menolak penangkapan penebang liar, bahkan saya sangat mendukung karena kegiatan itu membuat lingkungan jadi tercemar, khususnya air yang semula jernih kini sudah terkontaminasi dengan berbagai limbah yang berbahaya,” tegas Sahdana. 

Pernyataan mantan anggota DPRD Waykanan yang kini sedang menunggu SK pelantikan sebagai anggota DPRD provinsi Lampung dari partai PDIP Perjuangan itu sangat masuk akal karena memang dalam beberapa tahun ini air sungai Umpu sudah tidak dapat lagi dimanfaatkan bagi kehidupan sehari-hari masyarakat.

Hal itu bukan hanya dikarenakan aksi para penambang emas di aliran Sungai Way Umpu saja, tapi juga merembet ke tebing-tebing yang airnya mengalir semuanya ke sungai, sehingga membuat airnya yang tadinya bersih dan sangat layak untuk dikonsumsi menjadi tercemar. 


Pos terkait