Pemkab Bahas Penetapan Rancangan PPAS 2020

  • Whatsapp

Medialampung.co.id, BALIKBUKIT  –  Perencanaan tahun 2020 di Kabupaten Lambar adalah tahun pertama implementasi aplikasi perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi.  Hal itu diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir. Okmal, M.Si. pada saat memimpin rapat penetapan rancangan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2020 di Ruang Rapat Pakuwon Bappeda, Kamis (25/7/2019)

“Selain tahun pertama implementasi aplikasi perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi, kemudia PPAS 2020 menggunakan data Renja pada aplikasi e-planning per 16 Juli 2019. Jadi kami berharap agar seluruh OPD menyampaikan Rencana Kerja Anggaran (RKA) 2020 hasil entri e-planning sebanyak 1 rangkap sesuai dengan pagu per kegiatan yang akan disampaikan setelah acara ini,” ungkap Okmal seraya menambahkan,  RKA tersebut menjadi bahan pembahasan PPAS di DPRD.

Bacaan Lainnya



Menurut dia,  RKA dapat di entri jika SSH sudah ada pada aplikasi e-planning. Kemudian belanja RKA berbentuk konstruksi dan konsultan pihak ketiga masih berupa SSH, seharusnya Harga Satuan Pokok Kegiatan (HSPK), Analisis Standar Biaya (ASB) dan Harga Satuan Bangunan Gedung Negara (HSBGN) akan menjadi bahan perbaikan untuk tahun mendatang.

“Kalau ada perubahan RKA 2020 silahkan sampaikan nota dinas ke bupati melalui sekda, tembusan kepada Bappeda, BPKD dan Bagian Administrasi Pembangunan. Untuk perubahan RKA 2020 di entri pada kurun waktu tanggal 30 Juli sampai dengan 3 Agustus 2019  pukul 16.30 WIB sebagai bahan kesepakatan KUA PPAS pada tanggal 5 Agustus 2019,” ungkap dia

Selanjutnya pada tanggal 5 Agustus setelah kesepakatan KUA-PPAS, e-planning akan dipsoting ke e-budgeting sehinga data renja dan PPAS 2020 sudah terkunci dan tidak bisa dirubah lagi . “Untuk final PPAS 2020 menggunakan data e-planning pada laporan renja berbasis SSH beserta pra RKA-nya,”  tandasnya.

Sekadar diketahui, rapat pembahasan rakor perencanaan pembangunan dihadiri oleh Kepala BPKD Drs. Daman Nasir, M.P dan sejumlah kepala OPD serta perwakilan seluruh OPD di lingkungan pemkab. (lus/mlo)



Pos terkait