Pemkab Bakal Gelar Festival Beguai Jejama

  • Whatsapp

pemkab lMedialampung.co.id, BALIKBUKIT – Pemkab Lampung Barat (Lambar) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) tahun ini akan menyelenggarakan kegiatan Festival Beguai Jejama (FBJ) yang dipusatkan di Pekon Wayngison Kecamatan Batuketulis.

“Kegiatan Festival Beguai Jejama ini akan melibatkan partisipasi masyarakat karena memang Festival Beguai Jejama untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan semangat kegotong-royongan,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Yudha Setiawan, S.I.P, kemarin.

Bacaan Lainnya



Dijelaskannya, Festival Beguai Jejama adalah kegiatan kerjasama masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan yang diarahkan pada penguatan persatuan dan kesatuan masyarakat serta peningkatan peran aktif masyarakat dalam pembangunan. Sementara tujuannya dalam rangka meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotongroyongan menuju pada penguatan integrasi sosial melalui kegiatan-kegiatan gotong royong dalam pelaksanaan pembangunan serta pemeliharaan hasil- hasil pembangunan.

Lanjut dia, adapun sasaran kegiatan FBJ yaitu meningkatnya persatuan dan kesatuan masyarakat, meningkatnya peran aktif masyarakat dalam pembangunan, meningkatnya kemitraan antara masyarakat dan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan, meningkatnya rasa memiliki dan rasa tanggungjawab masyarakat terhadap hasil–hasil pembangunan, serta meningkatkan promosi produk unggulan pekon dan inovasi kegiatan gotong royong masyarakat.

Masih kata dia, sejumlah rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan pada FBJ itu, yaitu pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Kabupaten Lambar, penyerahan hadiah lomba evaluasi pekon tahun 2019, penyerahan hadiah lomba siskamling tahun 2019, launching Broadband/Website pekon, launching rekening Payrol untuk pekon, simulasi penanggulangan bencana menuju pekon tangguh bencana, penanaman pohon konservasi, aksi bersih-bersih dan bakti sosial.

Selain itu, akan digelar perlombaan karaoke umum unsur perwakilan kecamatan/pekon, cerdas cermat antar/tingkat pekon, parade dan makan besar kuliner lokal sehat Lampung Barat. Kemudian pelayanan Keluarga Berencana dan pemutaran film, pelayanan perpustakaan baca masyarakat, khitanan massal, serta perlombaan masak kreasi nasi goreng unsur perwakilan kecamatan/pekon.

“Kegiatan ini melibatkan sejumlah OPD, kecamatan, pekon dan masyarakat. Kita berharap kegiatan FBJ tahun 2019 akan berjalan lancar, dan mohon dukungannya dari semua pihak,” tutupnya. (lus/mlo)



Pos terkait