Pemkab Bimtek Penyusunan LPPD Tahun 2020

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menggelar bimbingan teknis (bimtek) penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Pesbar tahun 2020, di GSG Selalaw, Kecamatan Pesisir Tengah, Senin (5/10).

Hadir dalam kesempatan itu, Pejabat sementara (Pjs) Bupati Pesbar Ir.Achmad Chrisna Putra, M.E.P., Asisten II Setdakab serempat, Syamsu Hilal, S.Sos., peserta bimtek

Bacaan Lainnya



dari perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pesbar dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Chrisna -sapaan Achmad Chrisna Putra mengatakan, LPPD merupakan laporan atas penyelenggaraan pemerintah daerah selama satu tahun

anggaran berdasarkan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) yang disampaikan oleh kepala daerah kepada pemerintah pusat. Untuk itu diharapkan penyusunan LPPD dapat memberikan gambaran yang utuh terkait kemampuan pemerintah daerah dalam melaksanakan desentralisasi dan tugas pembantuan di daerah,

“Hal itu sekaligus sebagai bahan dasar untuk membuat langkah kebijakan lebih lanjut oleh pemerintah khususnya yang ada di Pemkab Pesbar,” katanya.

Dijelaskannya, penyusunan LPPD merupakan amanat yang tertuang dalam UU No.23/2014 tentang pemerintahan daerah. Karena itu, dalam penyusunan LPPD tentunya sangat penting dalam upaya mengukur kemampuan daerah melaksanakan kewajibannya dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat serta menjadi acuan untuk menyusun kebijakan di masa mendatang.

“Penyusunan LPPD juga merupakan kegiatan strategis yang wajib diselenggarakan oleh pemerintah daerah,” jelasnya.

Untuk itu, kata Chrisna, seluruh OPD di lingkungan Pemkab Pesbar yang menangani urusan wajib dan urusan pilihan, agar dapat menyampaikan capaian kinerjanya selama periode satu tahun kepada bagian tata pemerintahan (Tapem) Setdakab setempat, dalam bentuk data beserta bukti pendukung yang ditandatangani oleh kepala OPD masing-masing.

“Saya berharap seluruh peserta Bimtek LPPD untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik dan serius, sehingga mampu menguasai materi penyusunan LPPD dan dapat menghasilkan laporan yang baik sesuai harapan bersama,” pungkasnya. (yan/d1n/mlo)



Pos terkait