Pemkab dan Forkopimda Peringati Hari Pahlawan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Upacara peringatan hari pahlawan yang dilaksanakan di lapangan kantor bupati, Minggu (10/11) bertindak sebagai Inspektur Upacara Dandim 0422 Lambar Letkol Kav Adri Nurcahyo, S/T, M.Si., sekaligus membacakan sambutan Menteri Sosial RI Juliari P. Batubara dilanjutkan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) oleh Wakil Bupati Drs. Hi. Mad Hasnurin, Kapolres AKBP Rachmat Tri Haryadi, S.Ik., M.H.,  anggota DPRD,  dan para kepala OPD.

Dalam amanatnya, Adri Nurcahyo mengatakan, dengan peringatan hari pahlwan diharapkan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers  ‘Bung Karno’ yang menyatakan bahwa ‘Hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar’ selain itu peringatan hari pahlawan membangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan hari pahlawan tahun 2019 ‘Aku Pahlawan Masa Kini’.

Bacaan Lainnya



Kemudian, menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun warga negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan nkri, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarluaskan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.

”Peringatan hari pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat. Jangan biarkan keutuhan nkri yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia. Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak tidak bertanggung jawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain. Mari kita maknai hari pahlawan ini dengan wujud nyata, bekerja membangun negeri menuju indonesia maju,” kata dia.

Dilain pihak, upacara hari Pahlawan 2019 di Lapangan Apel Mapolres Lambar dipimpin Waka Polres Kompol Vicky Dzulkarnain, dengan peserta upacara diantaranya PJU, Kapolsek Jajaran, Perwira, Sabhara, Satlantas, Gabungan staf,anggota polsek jajaran, reskrim, intelkam, dan ASN.

”Saya harapkan menjadi momen bagi kita semua untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur mengorbankan jiwa dan raga demi tercapainya kemerdekaan Republik Indonesia yang kita rasakan hingga saat ini, dimana perjuangan untuk meraih kemerdekaan bukanlah sesuatu yang mudah diraih semudah membalikkan telapak tangan, perjuangan meraih kemerdekaan yang dilakukan oleh para pahlawan adalah sebuah perjuangan yang berat dan memiliki tantangan yang besar yang tentunya didasari hari yang tulus dan ikhlas untuk memperjuangkan kemerdekaan,” ujarnya.

Tentunya, kata dia, tema yang terkandung makna semua harus mengintrospeksi diri apa yang sudah kita lakukan untuk menjaga kemerdekaan republik indonesia sehingga kita layak disebut sebagai pahlawan masa kini.

“Berbagai tantangan di era kemerdekaan harus diisi dengan mengobarkan semangat para pahlawan demi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara sehingga pengorbanan yang diberikan oleh para pahlawan tidak sia-sia,” imbuhnya.(nop/lus/mlo)



Pos terkait